SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XII SMAK CHANDRA WIDYA PANDAAN KABUPATEN PASURUAN

Ardi Neo Sandi

Abstrak


ABSTRAK

 

Banyak siswa menganggap bahwa belajar sejarah sangat membosankan sehingga motivasi siswa untuk belajar sejarah sangat kurang. Oleh karena itu diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk belajar sejarah. Model pembelajaran Take and Give dapat menumbuhkan motivasi siswa untuk belajar sejarah. Pilihan model pembelajaran Take and Give adalah sebagian karena model ini adalah salah satu dari berbagai model kooperatif. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dirancang menggunakan model siklus (dilakukan dalam dua siklus). Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata angket pertemuan pertama I menghasilkan 63,23% sedangkan pada pertemuan kedua hanya berkembang sejauh 3% hanya menghasilkan 66,49%. Sedangkan pada siklus kedua, hasilnya menunjukkan rata-rata 68,9% pada pertemuan pertama dan 71,8% pada pertemuan kedua yang mampu mencapai nilai yang dicari oleh peneliti.

Key words: model pembelajaran, take and give, motivasi belajar