SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU TIMELINE SEJARAH MATERI KEHIDUPAN DAN KEBUDAYAAN ZAMAN PRASEJARAH UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X MA DARUN NAJAH KARANGPLOSO KABUPATEN MALANG

Muhammad Aufa Syuwaifi

Abstrak


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kartu timeline sejarah pada materi kehidupan dan kebudayaan zaman prasejarah di Indonesia kelas X MA Darun Najah Karangploso, Kabupaten Malang. Model pengembangan yang digunakan yaitu model  penelitian dan pengembangan prosedural dari Sugiyono. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif didapatkan dari hasil kritik dan saran validator ahli materi, validator ahli media, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Hal ini dibuktikan dengan hasil kualitatif dari validator ahli materi sebesar 92% serta hasil validasi media sebesar 74,5%. Kemudian hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan rata-rata persentase sebesar 88,47%. dan hasil uji coba kelompok besar mendapat rata-rata persentase sebesar 85,8%. berdasarkan hasil secara keseluruhan maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kartu timeline sejarah materi kehidupan dan kebudayaan zaman prasejarah di Indonesia dapat diterapkan untuk menunjang kegiatan pembelajaran di kelas.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, kartu timeline sejarah, prasejarah