SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING BERBASIS HYBRID APP MATERI PERANG DUNIA II UNTUK KELAS XI IPS 3 MAN 1 LAMONGAN

Ishom Ahmadi

Abstrak


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini menghasilkan sebuah produk media pembelajaran mobile learning yang berisi materi tentang sejarah Perang Dunia II, serta mengukur tingkat efektivitas media tersebut. Pengembangan mobile learning menggunakan tahapan penelitian dan pengembangan prosedural Sugiyono (2017) yang terdiri dari 10 tahapan yaitu:

(1) potensi dan masalah;

(2) pengumpulan data;

(3) desain produk;

(4) validasi desain;

(5) revisi desain;

(6) uji coba produk;

(7) revisi produk;

(8) uji coba pemakaian;

(9) revisi produk; serta

(10) produksi massal. Hasil uji coba kelompok kecil media mobile learning memperoleh persentase sebesar 85%, serta hasil uji coba kelompok besar memperoleh persentase sebesar 94%.

Kata Kunci : mobile learning, pengembangan media, perang dunia II

ABSTRACT

The purpose of this study is to produce a mobile learning media learning product that contains material about the history of World War II, as well as measuring the effectiveness of the media. The development of mobile learning uses the stages of research and procedural development of Sugiyono (2017) consisting of 10 stages, namely:

(1) potential and problems;

(2) data collection;

(3) product design;

(4) design validation;

(5) design revisions;

(6) product trials;

(7) product revisions;

(8) trial use;

(9) product revisions; and

(10) mass production. The results of a small group trial of mobile learning media obtained a percentage of 85%, and the results of a large group trial obtained a percentage of 94%.

Keywords: mobile learning, media development, world war II