SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw dengan Menggunakan Teka Teki Silang untuk Meningkatkan Minat Belajar di Kelas XII IPS 2 SMAN 1 TUREN

Yuwa Dilla Perdana Putra

Abstrak


ABSTRAK

Pembelajaran sejarah seringkali dianggap peserta didik membosankan karena pembahasan tentang masa lampau dan menghafal angka tahun, nama tokoh dan tempat peninggalan. Pada pembelajaran sejarah peserta didik menganggap bahwa sejarah hanya berhubungan tentang menghafal sebab itu peserta didik mudah merasa bosan dengan mata pelajaran sejarah dengan kurangnya ditunjang oleh model pembelajaran yang kurang inovatif. dalam pembelajaran sejarah umumnya pendidik menggunakan sistem pembelajaran dengan cara berpusat kepada guru yang hanya bercerita saja dan kurang menggunakan model pembelajaran yang kemasannya menarik membuat peserta didik menjadi tidak begitu tertarik akan pembelajaran sejarah, hal ini membuat pembelajaran sejarah itu tidak lagi menarik karena sebab itulah kenapa peneliti memilih model pembelajaran Jigsaw. Jigsaw diharapkan menambah minat peserta didik. Pembelajaran yang lebih menarik tentunya membuat peserta didik jadi antusias dalam mengikuti pembelajaran.

Pembelajaran yang menarik akan membuat peserta didik mudah untuk menerima dan memahami penjelasan dari pendidik. Pembelajaran pendidik akan berusaha memaksimalkan keadaan kelas yang memungkinkan adanya interaksi antara peserta didik  dengan pendidik. Pengaruh terhadap model pembelajaran yang diberikan oleh pendidik yang diterima oleh peserta didik kadang membuat perserta didik kurang fokus dalam melakukan proses pembelajaran

Kata Kunci : Pembelajaran, Teka Teki silang, Minat Belajar

ABSTRACT

Learning history is often seen as boring students because of discussions about the past and memorizing year numbers, names of figures and places of heritage. In learning history students assume that history is only related to memorization because students are easily bored with history subjects with the lack of supported by less innovative learning models. in history learning, educators generally use a learning system by centering on teachers who only tell stories and not using a learning model that is attractive in packaging makes students less interested in learning history, this makes learning history no longer interesting because that is why researchers choose the Jigsaw learning model. Jigsaw is expected to increase the interest of students. More interesting learning certainly makes students enthusiastic in participating in learning.

Interesting learning will make it easy for students to accept and understand explanations from educators. Learning educators will try to maximize classroom conditions that allow for interaction between students and educators. The influence on the learning model provided by educators received by students sometimes makes students less focused in conducting the learning process

Keywords: Learning, Crosswords, Learning Interest