SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERSEPSI SISWA KELAS XI SMA WAHID HASYIM KRIAN SIDOARJO TERHADAP TOKOH WAHID HASYIM SEBAGAI PAHLAWAN NASIONAL

Alfan Hadi Ramadhani

Abstrak


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi siswa kelas XI SMA Wahid Hasyim Krian terhadap tokoh Wahid Hasyim sebagai Pahlawan Nasional dan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi siswa terhadap tokoh Wahid Hasyim sebagai Pahlawan Nasional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode kualitatif lebih mudah menyesuaikan apabila  berhadapan  dengan  kenyataan ganda. Tahapan pertama dilakukan pengamatan, kedua wawancara, dan ketiga dokumentasi atau penggabungan dari semuanya. Hasil penelitian menunjukan siswa mengetahui Wahid Hasyim sebagai tokoh Pahlawan Nasional dan Ulama besar, karena latar belakang keluarga beliau, yang kedua pengetahuan peran Wahid Hasyim dapat dikatakan sebagai seorang pahlawan karena berjuang dalam organisasi berlandaskan agama seperti NU, MIAI, Masyumi dan Laskar Hizbullah, serta peran beliau dalam organisasi nasional BPUPKI dan Panitia Sembilan. Ketiga, siswa menyatakan bahwa teladan Pahlawan Nasional Wahid Hasyim memiliki teladan yang dapat diterapkan, seperti keimanan beliau, rasa nasionalisme dan patriotisme, kesederhanaan beliau dan rasa toleransi yang tinggi antar sesama umat. Faktor yang mempengaruhi terbentuknya persepsi siswa terhadap Wahid Hasyim sebagai Pahlawan Nasional, yaitu

(1) Minat Belajar,

(2) Pengalaman dan Ingatan, serta

(3) Pengetahuan. Kata kunci: persepsi, Wahid Hasyim, pahlawan nasional  

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the perceptions of Wahid Hasyim Krian High School class of XI  students toward Wahid Hasyim as a National Hero and the factors that infulence’s student perception of Wahid Hasyim’s figure as a National Hero. This study uses a qualitative method with a descriptive approach. Qualitative method more easy to compatible when dealing with double reality. The result of the showed student knew about Wahid Hasyim as a figur of National Hero and the great Ulama, because of his family background, the second knowledge about Wahid Hasyim’ role as a National Hero because his fought in religiously based organization, such a NU, MIAI, Masyumi and Laskar Hizbullah, and his role in national organization such a BPUPKI and Panitia Sembilan. Third, students stated about that the example of Nastional Hero Wahid Hasyim had an example that could be applied, such a his faith, a sense of nationalism and patriotism, his simplicity and high tolerance between fellow people. Factors that influence the formation of student perceptions of Wahid

Hasyim’s figure as National Heroes, namely

(1) Interest the learn,

(2) Experience and Memory, and

(3) Knowledge. Keyword: perception, wahid hasyim, national hero