SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Hist-app berbasis Android Materi Sejarah Lokal "Pemujaan Gunung Bromo abad X sampai abad XIV" untuk siswa kelas X di SMAN 1 Tosari

Rivaldi Adam Pristiawan Yuniar

Abstrak


RINGKASAN

Rivaldi, Adam. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Hist-app Berbasis Android Materi Sejarah Lokal “Pemujaan Gunung Bromo Pada Abad X sampai abad XIV’ Untuk Kelas X di SMAN 1 Tosari. Skripsi. Jurusan Sejarah, Program Studi S1 Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Kasimanuddin Ismain., M.Pd dan Drs. Ismail Lutfi, M.A.

Kata Kunci: Bahan Ajar, Hist-app, Bromo

Pembelajaran Sejarah lokal merupakan kegiatan pembelajaran yang menekankan materi sejarah lokal di dalam kelas. Dari hasil observasi kegiatan pembelajaran sejarah di kelas X SMAN 1 Tosari diketahui bahwa kegiatan pembelajaran sejarah lokal “Pemujaan Gunung Bromo Pada Abad X sampai abad XIV’ tidak pernah dilakukan. Hal tersebut dikarenakan kurangnya literasi yang memberikan keterangan materi sejarah lokal  tersebut. Berdasarkan pada hal tersebut, solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah memberikan uraian materi sejarah lokal dalam bentuk bahan ajar dalam bentuk aplikasi android. Uraian materi sejarah lokal tersebut diintegrasikan berdasarkan Kompetensi Dasar 3.6 dengan indikator Pemujaan Gunung Bromo pada abad ke X sampai abad ke XIV berdasarkan peninggalan prasasti-prasasti pada masa pemerintahan Raja Pu Sindok pada abad ke X Masehi dan pada masa pemerintahan kerajaan Majapahit Abad ke XIV Masehi.

Prosedur pengembangan produk yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono yang telah dimodifikasi. Adapun prosedurnya yakni: menemukan potensi dan permasalahan, mengumpulkan data, mengembangkan desain produk dan uraian materi, validasi desain produk dan materi oleh ahli media dan ahli materi, revisi desain dan materi, tahap uji coba produk dilakukan oleh 10 siswa-siswi kelas X IPA di SMAN 1 Tosari, revisi desain produk, uji coba pemakaian produk dilakukan dalam kelompok besar yang berjumlah 34 siswa-siswi kelas X IPS di SMAN 1 Tosari, revisi produk dan produk siap untuk disebar luaskan untuk diterapkan sebagai bahan ajar.

Produk yang dihasilkan dari pengembangan ini adalah bahan ajar Hist-app dalam bentuk aplikasi android pada materi sejarah lokal “Pemujaan Gunung Bromo Pada Abad X sampai abad XIV’ untuk siswa kelas X di SMAN 1 Tosari. Hasil validasi  materi memperoleh presentase sebesar 84,4%. Adapun hasil validasi bahan ajar dari ahli media memperoleh presentase sebesar 87,5%.. Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh presentase sebesar 82,8% dan hasil uji coba kelompok besar memperoleh presentase sebesar 90,3%. Berdasarkan validitas dari ahli media dan ahli materi bahan ajar Hist-app secara keseluruhan dinyatakan sangat valid dan memenuhi kriteria sangat layak untuk di uji cobakan. Adapun hasil uji coba kelompok kecil maupun kelompok besar menunjukan bahan ajar Hist-app dinyatakan sangat layak dan efektif untuk digunakan pada kelas X di SMAN 1 Tosari.