SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PERMAINAN TREASURE HUNTER PADA MATERI SISTEM TANAM PAKSA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI SMAN 1 PURWOSARI

Muhammad Fajrul Falah

Abstrak


Abstrak

Media pembelajaran haruslah dapat menyesuaikan dengan karateristik peserta didik. Kurangnya pengembangan dan pemanfaatan media pembelajaran yang selaras dengan karakteristik peserta didik membuat ketidakfokusan peserta didik pada saat pembelajaran sejarah. Tujuan dari penelitian tersebut untuk menguji keefektifan media pembelajaran papan permainan Treasure Hunter dipadukan dengan materi sistem tanam paksa di Indonesia untuk peserta didik kelas XI SMAN 1 Purwosari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan yang dikaji oleh Sugiyono. Hasil penelitian berdasarkan hasil validasi desain dan hasil uji coba menunjukan bahwa media pembelajaran papan permainan Treasure Hunter tergolong sangat valid atau sangat efektif untuk digunakan pada pembelajaran sejarah.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Papan Permainan, Treasure Hunter, Sistem Tanam Paksa

Abstract

learning Media must be able to adjust to the characteristics of learners. The lack of development and utilization of instructional media that are aligned with the characteristics of learners make learners do not foccuss during the learning history. The purpose of the study is to test the effectiveness of learning media board game Treasure Hunter combined with the material forced cultivation system in Indonesia to students of class XI of SMAN 1 Purwosari. The research method used is the method of research and development reviewed by Sugiyono. The results of the research based on the results of the design validation and the test results showed that the learning media board game Treasure Hunter as very valid or is very effective to use in learning history.

Keywords: Learning Media, Board Game, Treasure Hunter, Enforcement Planting System