SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATAPELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI SMK NEGERI 1 MOJOANYAR MOJOKERTO

Adinda Amalia Firdha

Abstrak


Abstrak

Kurikulum 2013 revisi tahun 2017 diperuntukkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) yang menekankan setiap matapelajaran untuk memuat kerangka konseptual program keahlian dan kompetensi keahlian salah satunya matapelajaran sejarah Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Implementasi Kurikulum 2013 yang diterapkan oleh guru matapelajaran sejarah Indonesia saat ini sudah cukup sempurna, namun terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh guru selama mengimplementasikan Kurikulum 2013 ini terutama Kurikulum 2013 revisi tahun 2017.

Kata Kunci: Kurikulum 2013, Perencanaan Pembelajaran, Proses Pembelajaran, Penilaian Pembelajaran

Abstract

The 2013’s curriculum that has been revised in 2017 is particulary intended to State Vocational High School or Madrasah Aliyah Vocational School which emphasized every subjects to have conceptual framework that consist expertised program and expertised competence and one of those subjects is Indonesian History subjects. This research uses qualitative methods with descriptive research. The implementation of 2013’s curriculum that implemented by Indonesian history subject teachers right now is quite perfect, although there still some obstacles for the subjects teachers while implementing the 2013’s curriculum especially that has been revised in 2017.

Keywords: 2013’s curriculum, lesson plan, learning process, learning assessment