SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Penggunaan Model Pembelajaran Treffinger dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Matapelajaran Sejarah Indonesia terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Turen Kabupaten Malang

Adhelia Sulistya Putri

Abstrak


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuikemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model pembelajaran Treffinger, kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem BasedLearning, dan perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model pembelajaran TreffingerdanProblem BasedLearning. Penelitian ini menggunakan rancangan QuasiExperimentaldengan desainNonequivalentControl Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwakemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model pembelajaran Treffingerlebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas kontrol dengan peningkatan sebesar 66%,kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem BasedLearninglebih rendah daripada kelas eksperimen dan mengalami peningkatan sebesar 59%, dan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif yang menggunakan model pembelajaran Treffinger dan model pembelajaran Problem BasedLearningsebesar 5%. Hal ini berdasarkan hasiluji-t yang menunjukkan nilai thitung = 2,136 dan ttabel= 1,997, sehingga thitung>ttabelmaka Ha diterima.

Kata Kunci:treffinger, problem basedlearning,berpikir kreatif, pembelajaran sejarah

Abstract

Thisresearchpurposeistoknowstudent’screativethinkingskillsuseTreffingerMethod,student’screativethinkingskillsuseProblem BasedLearningMethod,thedifferencesbetweenimplementationcreativethinkingskillusesTreffingerandProblem BasedLearningMethod. The designofthisresearchtothetypeQuasiExperimental Design withNonequivalentControl Group Design. The result of the research showing thatthe ability students creative thinking use Treffingerbetter than control class which significant increasingabout 66%,the ability students creative thinking use Problem Based Learning has a lowest score than experiment class which significant increasingabout 59%, andthere is the differences between students creative thinking use Treffingerwith Problem Based Learning in historical study increase 5%. That thing can be seen in the result of t-test that showed thitungabout 2,136 and ttabel about 1,997. So, we can concluded that score of thitung>ttabel or in other words Hodenied and Ha accepted.

Keyword:treffinger, problem basedlearning, creativethinking, historical study