SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARANINFOGRAFIS TENTANG CANDI SONGGORITI TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X MIPA 1 DI SMA NEGERI 1 BATU

Tri Ambarningrum

Abstrak


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang berada dibawah KKM yakni 70,75 pada materi Kerajaan-Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia. Hasil belajar merupakan pencapaian siswa atas proses belajar, maka peneliti bermaksud menggunakan media pembelajaran infografis tentang Candi Songgoriti sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil wawancara media infografis belum pernah digunakan dalam pembelajaran. Jadi dapat diuji pengaruhnya terhadap hasil belajar sejarah siswa. Berdasarkan hasil tes siswa di kelas eksperimen dengan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran infografis tentang Candi Songgoriti terhadap pengaruh yang signifikan (positif). Rata-rata pretest menunjukkan nilai sebesar 55,97 yang kemudian meningkat sebesar 27,86 menjadi 83,83 pada rata-rata nilai posttest. Hal tersebut dibuktikan dengan uji hipotesis nilai tes memiliki  sebesar 21,682 dengan  sebesar 1,692 yang menunjukkan bahwa 21,682 () ≥ 1,692 () dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Maka hasil uji hipotesis dalam penelitian ini disimpulkan bahwa H₁ diterima dan H0 ditolak.

Kata Kunci: media pembelajaran, Infografis, hasil belajar, pembelajaran sejarah

Abstract

This research is motivated by the learning outcomes of students who are under the KKM namely 70.75 on material on Hindu-Buddhist kingdoms in Indonesia. Learning outcomes are student achievement of the learning process, so the researchers intend to use infographic learning media about Songgoriti Temple as an effort to improve student learning outcomes. Based on the results of infographic media interviews, it has never been used in learning. So it can be tested for its effect on students' historical learning outcomes. Based on the test results of students in the experimental class with before and after using infographic learning media about Songgoriti Temple on a significant (positive) effect. The average pretest shows a value of 55.97 which then increases by 27.86 to 83.83 on the averagevalue posttest. This is evidenced by the hypothesis test of the test value has a  of 21.682 with  of 1.692 which indicates that 21.682 () ≥ 1.692 () with a significance value of 0.00 <0.05. Then the results of hypothesis testing in this study concluded that H₁ is accepted and H0 is rejected.

Keywords: learning media, infographics, learning outcomes, learning history