SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI MAN 2 MOJOKERTO

Yang Nurindra Rahmanita Nirmala

Abstrak


Ringkasan: Dalam era modern ini, sekolah memiliki peran ganda, selain untuk mencerdaskan peserta didik dengan materi yang diajarkan, sekolah juga dituntut untuk mampu memberikan pendidikan yang mengemukakan akhlak dan kepribadian peserta didik yang baik. Pendidikan karakter memilki 18 nilai yang baik untuk di implementasikan kepada peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi nilai pendidikan karakter di MAN 2 Mojokerto serta menemukan faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi nilai pendidikan karakter. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif.  Lokasi penelitian berada di MAN 2 Mojokerto, informan penelitian adalah kepala sekolah,waka kurikulum, guru sejarah 3 orang dan peserta didik 5 orang. Sedangkan teknik analisis data ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian kualitatif ini mendapatkan hasil bahwa MAN 2 Mojokerto telah mengimplementasikan nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran dan kehidupan sekolah. Serta ditemukan 5 faktor pendukung yaitu: sarana dan prasarana, finansial, pemberian tugas, kegiatan ekstrakurikuler, dan motivasi guru dan peserta didik serta 3 faktor penghambat yaitu:waktu, lingkungan, dan jumlah dan sifat peserta didik.