SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “KOLONIAL” BERBASIS BOARD GAME PADA POKOK BAHASAN KOLONIALISME DI INDONESIA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMK NEGERI 12 MALANG

Rizaldy Nanda Akbar Prasetya

Abstrak


Abstrak

Dewasa ini sering muncul anggapan bahwa pembelajaran sejarah merupakan pembelajaran yang membosankan. Kurangnya media pembelajaran yang inovatif dan kreatif menjadi penyebabnya. Tujuan penelitian ini adalah menguji keefektifan media pembelajaran “Kolonial” berbasis board game pada Pokok Bahasan Kolonialisme di Indonesia untuk Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 12 Malang. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan milik Sugiyono. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan validasi dan uji coba tergolong sangat valid dan sangat efektif digunakan untuk pembelajaran sejarah.

Kata Kunci: media pembelajaran, board game, kolonialisme.

Abstract

Today, there is emergence an assumption that learning history is boring. Lack of innovative and creative learning media is the cause. The purpose of this research is to test the effectiveness of "Kolonial" learning media based on board game with main topic colonialism in Indonesia for tenth grade of SMK Negeri 12 Malang. The method used was Sugiyono's development method. The results of the research show based on validation and trials are very valid and very effective for historical study.

Keywords:  learning media, board game, colonialism.