SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE DEBATE PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS X TATA NIAGA SMK PGRI TUREN

Ferian Erlangga

Abstrak


Abstrak

Penerapan model pembelajaran Active Debate dilatarbelakangi kurangnya keaktifan belajar siswa kelas X Tata Niaga SMK PGRI Turen dalam mata pelajaran sejarah. Penggunaan model pembelajaran yang digunakan oleh guru bersifat konvensional dan kurang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Active Debate pada mata pelajaran sejarah. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Active Debate dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X Tata Niaga SMK PGRI Turen pada mata pelajaran sejarah. Dari hasil keaktifan belajar siswa kelas X Tata Niaga menunjukkan peningkatan siklus 1 sebesar 54% dan siklus 2 sebesar 80,8%.

Kata Kunci: model pembelajaran active debate, keaktifan belajar siswa, mata pelajaran sejarah.

Abstract

The implementation of the Active Debate learning model is motivated by the lack of students learning activeness of X Tata Niaga students of SMK PGRI Turen in history subjects. The use of learning models used by teachers is conventional and does not involve students actively in learning history. This study aims to improve student learning activeness by implementation Active Debate learning models on historical subjects. The results show that the Active Debate learning model can improve the learning activeness of X Tata Niaga students in SMK PGRI Turen on historical subjects. From the results of students learning activeness of X Tata Niaga showed an increase in cycle 1 by 54% and cycle 2 by 80.8%.

Keywords: active debate learning model, students learning activity, history subjects