SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN SISTEM AMONG DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS X IIS DI SMA TAMAN MADYA KOTA MALANG

Yunis Roisatul Magekfiroh

Abstrak


Abstrak

Ki Hajar Dewantara menciptakan sistem Among untuk membangun anak didik agar menjadi manusia beriman dan bertaqwa, merdeka lahir dan batin, budi pekerti luhur, cerdas dan berketrampilan, serta sehat jasmani dan rohani. Sementara itu pelajaran sejarah juga berfungsi membangkitkan kesadaran sejarah  mempunyai peranan penting dalam pembentukan kepribadian individu/masyarakat yang menciptakan identitas bangsanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem among dalam pembelajaran sejarah dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif.

Kata kunci: Sistem Among, Pamong, Pembelajaran Sejarah

Abstract

Ki Hajar Dewantara created Among's system to build students to become human believers and devoted, independent of birth and mind, noble character, intelligent and skillful, and physically and mentally healthy. While history lessons also function to generate historical awareness has an important role in forming individual / community personalities that create the identity of the nation. This study aims to determine the application of the system among in learning history by using a type of descriptive qualitative research.

Keywords: Among systems, Pamong, Historical Learning