SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Pengembangan Media Pembelajaran Brosur Sejarah Berbasis Digital Android pada Matapelajaran Sejarah Indonesia Pada Materi Proses Masuk dan Perkembangan Bangsa Eropa di Indonesia Pada Kelas XI ADM SMK PGRI Turen Kabupaten Malang

Rifqy Kusnindar Ak M

Abstrak


ABSTRAK

Rifqy, K. AK. M 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Brosur Sejarah Berbasis Digital Android pada Matapelajaran Sejarah Indonesia Pada Materi Proses Masuk dan Perkembangan Bangsa Eropa di Indonesia Pada Kelas XI ADM SMK PGRI Turen Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Najib Jauhari, S.Pd., M.Hum.

Kata Kunci: media pembelajaran, brosur digital, SMK PGRI Turen

Pembelajaran merupakan sebuah proses untuk memahami sesuatu yang pada mulanya tidak mengerti menjadi mengerti dan proses memperbaiki sesuatu yang salah menjadi benar, dalam kehidupan sehari-hari sering terdengar istilah untuk belajar dari sejarah. Belajar sejarah dalam hal ini diartikan agar manusia mempelajari kesalahan yang telah dilakukan tidak terulang kembali dan senantiasa diperbaiki. Sungguh disayangkan apabila pembelajaran sejarah kurang diperhatiakan dalam dunia pendidikan. Kondisi tersebut dibuktikan pada saat peneliti melakukan KPL di sekolah ditemukan fakta bahwa kurangnya media pembelajaran yang dikembangkan, sebab pada saat peneliti melakukan pengamatan dalam proses belajar mengajar masih menggunakan buku paket, sedangkan dari pihak sekolah mengizinkan peserta didik untuk membawa smartphone dan disediakan Wi-Fi sebagai penunjang pembelajaran, namun pemanfaatannya masih kurang maksimal dan oleh peserta didik sering disalahgunakan untuk bermain social media dan jarang digunakan untuk pembelajaran.

Menanggapi permasalahan yang ada peneliti menawarkan produk media pembelajaran sejarah berupa brosur digital yang bisa digunakan meski tidak terhubung dengan jaringan internet. Isi dari produk ini yaitu materi, evaluasi ataupun soal pertanyaan dan video sebagai penunjang dalam pembelajaran. Produk media pembelajaran di sini termasuk produk yang praktis namun komplit, dan sesuai untuk diterapkan di sekolah-sekolah. Produk yang dikembangkan memuat materi sejarah mengenai Proses Datang dan Perkembangan Bangsa Eropa di Indonesia.

Dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan Model prosedural yang dikembangkan oleh Sugiyono, peneliti memodofikasi langkah 10 produksi masal dengan menggunakan diseminasi produk. Model prosedural ini memiliki sepuluh langkah-langkah dalam penelitian dan pengembangan, di antaranya sebagai berikut:

(1) Potensi dan Masalah,

(2) Pengumpulan Data,

(3) Desain Produk,

(4) Validasi Desain,

(5) Revisi Desain,

(6) Ujicoba Produk,

(7) Revisi Produk,

(8) Ujicoba Pemakaian,

(9) Revisi Produk, dan

(10) Diseminasi Produk.

Penilaian terhadap produk menggunakan angket penilaian. Presentase perolehan pada kegiatan validasi ahli materi adalah 72% yang tergolong kriteria valid dan dari ahli media 90% yang menjadikan produk Brosur DigitalĀ  masuk dalam kriteria produk media pembelajaran yang sangat valid, sedangkan dari kelompok kecil diperoleh tingkat keefektifan produk yang presentasenya sebesar 89% sehingga efektivitas produk tergolong sangat efektif dan dari kelompok besar tingkat efektifitas produk sebesar 78% sehingga efektivitas produk tergolong efektif digunakan.