SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOKLET MATERI SEJARAH PEMBERONTAKAN DI/TII UNTUK SISWA KELAS X TKJ 2 SMKN 1 KEPANJEN

CHUZAIMA NADIFA

Abstrak


RINGKASAN

Chuzaima, Nadifa. 2019. Pengembangan E-Booklet Materi Sejarah Pemberontakan DI/TII Untuk Siswa Kelas X TKJ 2 SMKN 1 Kepanjen. Skripsi. Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr. Ari Sapto, M.Hum

Kata Kunci : Pembelajaran Sejarah, Media Pembelajaran, E-Booklet

Pembelajaran sejarah merupakan suatu aktivitas belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan peserta didik, untuk mempelajari dan memahami mengenai peristiwa di masa lampau. Realitanya pembelajaran sejarah di sekolah masih saja mendapatkan stigma negatif. Terdapat argumen-argumen negatif mengenai pembelajaran sejarah di kelas. Salah satunya diungkapkan oleh peserta didik kelas X TKJ 2di SMKN 1 Kepanjen bernama (Olivia Inggrit,2018), yang menyatakan bahwa pembelajaran sejarah monoton karena kurangnya inovasi, selain itu pembelajaran sejarah terlalu banyak menulis. Peneliti berinisiatif untuk mengembangkan media E-Booklet yang nantinya dapat diakses peserta didik melalui smartphone. Materi yang termuat di dalamnya ialah mengenai Pemberontakan DI/TII.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk E-Booklet materi Pemberontakan DI/TII terhadap Pemerintah Indonesia dan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X TKJ 2.

Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini ialah metode R&D milik sugiyono yang terdiri dari 10 langkah-langkah penelitian yakni,

1)Potensi dan masalah,

2)Pengumpulan Data,

3)Desain Produk

4)Validasi Produk,

5) Revisi Desain,

6) Uji Coba Produk,

7) Revisi Produk,

8)Uji Coba Pemakaian,

9)Revisi Produk dan 10)Produksi Massal. Kemudian dilakukan modifikasi atas pertimbangan efisiensi waktu dan tenaga.

Hasil yang diperoleh dari validator materi sebesar 44 dari skor maksimal 48. Sementara hasil yang diperoleh dari validator media sebesar 70 dari skor maksimal 72 Setelah melakukan validasi, kemudian dilakukan uji coba produk. Uji coba produk dilakukan pada kelas X TKJ 2 di SMKN 1 Kepanjen. Pelaksanaan uji coba produk dibagi menjadi 2 kali, pertama uji coba kelompok kecil dan kedua uji coba kelompok besar. Hasil uji coba produk kelompok kecil mendapatkan presentase sebesar 87,61% yang artinya menunjukkan kriteria sangat valid. Kemudian hasil yang diperoleh dari uji coba kelompok besar mendapatkan presentase sebesar 89,93% dan menunjukkan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil uji coba produk, media E-Booklet dapat dikatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.