SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN STUDY TOUR DENGAN BUS MALANG CITY TOUR (MACYTO) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PERANG KEMERDEKAAN DI MALANG PADA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 4 MALANG

Afifah Rahmatika Furzaen

Abstrak


RINGKASAN

Furzaen, Rahmatika Afifah. 2019. Penerapan Study Tour dengan Bus Malang City  Tour (Macyto) untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Perang  Kemerdekaan di Malang pada Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Malang. Skripsi,  Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang.  Pembimbing: Dr. R. Reza Hudiyanto, M.Hum.

Kata Kunci: Study tour, Bus Macyto, Pemahaman Materi, Sejarah Lokal Malang.

Proses pembelajaran sejarah masih terdapat berbagai permasalahan. Salah satunya yaitu keterbatasan ruangan yang membuat sekolah menerapkan sistem moving class. Sistem moving class ini berdampak pada proses pembelajaran sejarah yakni peserta didik menjadi kurang fokus, mudah bosan, dan kurang nyaman dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi strategi dan bentuk perjuangan bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman Sekutu dan Belanda. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti menemukan solusi dengan menerapkan study tour dengan menggunakan bus Malang City Tour (Macyto). Rumusan masalah dari penelitian ini adalah

(1) Bagaimana penerapan study tour dengan bus Malang City Tour (Macyto) pada kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 4 Malang;

(2) Bagaimana penerapan study tour dengan bus Malang City Tour (Macyto) dapat meningkatkan pemahaman materi perang kemerdekaan di Malang pada kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Malang.  Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas, dengan model Kurt Lewin dengan rincian komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan satu siklus dengan tindakan study tour dengan Bus Macyto sebagai wahana transportasi sejarah yang ada di Kota Malang. Penelitian ini hanya menggunakan satu siklus disebabkan hasil penelitian sudah mengalami peningkatan secara signifikan namun juga terkait pertimbangan administrasi dan waktu yang terbatas. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman materi yang mencakup hasil pengetahuan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil rata-rata kelas semula dari 57 menjadi 86. Persentase ketuntasan klasikal pada pra penelitian adalah 3% kemudian meningkat menjadi 88,23%. Pada pemberian tindakan, peserta didik yang tuntas berjumlah 30 dari 34 orang. Peningkatan pemahaman materi sejarah lokal Malang sebelum dan sesudah tindakan menunjukkan persentase sebesar 85,23%. Tindakan pelaksanaan penelitian menunjukkan rata-rata sebesar 86 atau 88,23%. Hal ini menjadi bukti bahwa penerapan Study Tour dengan Bus Macyto berhasil menyelesaikan masalah yang dihadapi.  

SUMMARY

Furzaen, Rahmatika Afifah. 2019. Implementation of Study Tour with Malang City  Tour Bus (Macyto) to Increase Material Understanding about Independence War in Malang for Students in Class of XI IPS 2 in Public Senior High School of 4 Malang. Thesis, Department of History, Faculty of Social Sciences, State University of Malang. Supervisor: Dr. R. Reza Hudiyanto, M.Hum.

Keywords: Study tour, Macyto Bus, Understanding Material, Local History of  Malang.

There are various problems in learning process of history. One of them is the limited space that makes schools implement a moving class system. This moving class system has an impact on the learning process of history where students become less focused, easily bored, and less comfortable during learning process, thus students have difficulty in understanding the material of strategies and forms of struggle of Indonesian nation in facing the threat of the Allies and the Netherlands. Based on these problems, researcher found a solution by implementing study tour using the Malang City Tour Bus (Macyto). The formulation of problems of this study were

(1) How to implement the study tour with Malang City Tour Bus (Macyto) in Class of XI IPS 2 in Public Senior High School of 4 Malang;

(2) How could the implementation of study tour with Malang City Tour Bus (Macyto) increase the material understanding about independence war in Class of XI IPS 2 in Public Senior High School of 4 Malang. This study used a classroom action research approach, with the Kurt Lewin model with detailed components, which were planning, action, observation, and reflection. This study used one cycle with the action of study tour with Macyto Bus as historical transportation vehicle in Malang. This study only used one cycle because the results of the study had experienced significant increase but also related to administrative considerations and limited time. The results of this study indicated an increase in material understanding that included the result of knowledge. This could be proven from the average results of the class from 57 to 86. The percentage of classical completeness in pre-study was 3% then increased to 88.23%. In giving action, 30 out of 34 students were complete. Increasing the material understanding about local history of Malang after the action shown a percentage of 85.23% compared to before. The action of conducting research was shown an average of 86 or 88.23%. This was proof that the implementation of Study Tour with  Macyto Bus successfully resolved the problems faced.