SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MOLEN SMART PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING TENTANG PERAN SYAFRUDDIN PRAWIRANEGARA PADA PEMERINTAHAN DARURAT REPUBLIK INDONESIA 1948 – 1949 UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X MULTIMEDIA SMK MUHAMMADIYAH 3 SINGOSARI

Sari Roshi Umbar

Abstrak


ABSTRAK

Sari, Roshi Umbar. 2019. Pengembangan Molen Smart Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Materi Peran Syafruddin Prawiranegara Pada Pemerintahan Darurat Republik Indonesia 1948 – 1949 Di Smk Muhammadiyah 3 Singosari. Skripsi. Jurusan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Ari Sapto, M.Hum.

Kata Kunci: Molen Smart, Mobile Learning, Syafruddin Prawiranegara, Pemerintahan Darurat Republik Indonesia.

Latar belakang penelitian pengembangan ini adalah berangkat dari potensi dan masalah dilapangan. Sekolah yang dipilih menjadi tempat penelitian yaitu kelas X Multimedia SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Terdapat materi yang terdengar asing yaitu Peran Syafruddin Prawiranegara pada Pemerintahan Darurat Republik Indonesia Tahun 1948-1949, dikarenakan sub-bahasan dalam materi tersebut sangat banyak dan terkadang pembahasan keseluruhan materi kurang, sehingga hanya dibahas dan dijelaskan secara singkat saja. Alasan peneliti memilih media pembelajaran berbasis Mobile Learning adalah siswa dapat belajar mandiri dimana saja. Di dalam media pembelajaran ini juga terdapat foto serta video yang dapat membantu siswa lebih memahami materi yang diberikan. Para siswa SMK Muhammadiyah 3 ini juga diperkenankan membawa Smartphone kesekolah, dan dapat digunakan tergantung guru matapelajaran masing-masing. Sehubungan dengan hal itu, dan kelas multimedia yang Pro dalam bidangnya membuat peneliti mudah mengaplikasikan media pembelajaran berbasis Mobile Learning di kelas ini.

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran berbasis Mobile Learning pada materi peran syafruddin Prawiranegara pada Pemerintahan Darurat Republlik Indonesia 1948-1949. Produk yang dikembangkan ini membantu siswa dalam belajar materi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia. Dalam penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan dari Sadiman. Validasi produk dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Analisis data yang digunakan berupa kuntitatif dan kualitatif yang diperoleh dari angket yang diisi oleh siswa pada uji coba produk.

Produk yang dikembangkan berupa Mobile Learning yang peneliti berinama Molen Smart. Pada Molen Smart ini berisikan materi peran Syafruddin Prawiranegara pada Pemerintahan Darurat Republik Indonesia 1949-1948, serta foto arsip yang menunjang penjelasan materi. Media pembelajaran berbasis Mobile Learning ini telah melalui tahap validasi materi yang menunjukkan hasil sebesar 87,5% termasuk dalam kategori valid. Tahap selanjutnya yaitu validasi media dengan presentase sebesar 82,5% dan masuk kategori valid. Kemudian pada tahap uji coba kelompok kecil mendapat presentase 85,4% termasuk dalam kategori valid, dan pada tahapan terakhir uji coba kelompok besar mendapatkan presentase 83,03% masuk dalam kategori valid. Berdasarkan hasil yang diperoleh, disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis Mobile Learning tentang peran Syafruddin Prawiranegara pada Pemerintahan Darurat Republik Indonesia 1948-1949 telah valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran sejarah.