SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOKLET TENTANG GAGASAN R.A KARTINI UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X DESAIN DAN FASHION DI SMK NEGERI 3 MALANG

Lisa Aprilia

Abstrak


ABSTRAK

Penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk bahan ajar E-Booklet tentang gagasan R.A Kartini dengan penyajian materi mengenani perjalanan hidup kartini serta nilai-nilai pendidikan karakter dalam kartini sehingga bisa menginspirasi siswi. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan bahan ajar E-Booklet tentang gagasan R.A Kartini ini, yaitu :

Kata Kunci: Bahan Ajar , Gagasan R.A. Kartini, Pendidikan Karakter, E-Booklet.

(1) Potensi dan Masalah,

(2) Pengumpulan data,

(3) Desain Produk,

(4) Validasi Desain,

(5) Ujicoba Produk,

(6) Revisi,

(7) Ujicoba,

(8) Revisi Desain,

(9) Revisi Produk,

(10) Deseminasi. Pengembangan media yang dikembangkan ini setela melalui uji validitas yang dilakukan oleh ahli materi mendapat presentase nilai 77.5% dan dari ahli media mendapat presentase nilai 90%, dari kedua nilai tersebut media ini masuk dalam kategori valid dan sangat valid. Uji coba lapangan yang di lakukan di SMKN 3 Malang mendapatkan presentase nilai sebesar 81.6% dari uji coba kelas kecil dan mendapat presentase nilai 84.28% dari uji coba kelas besar. Berdasarkan hasil yang didapat baik dari uji validitas maupun uji lapangan bahan ajar E-Booklet tentang gagasan R.A Kartini raya layak digunakan sebagai media pembelajaran di dalam kelas.