SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BUKU SAKU SEJARAH PERKEMBANGAN ISLAM DI MALANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS X KPR DI SMK NEGERI 11 MALANG

Astutik Puji

Abstrak


ABSTRAK

Astutik, Puji. 2019. Pengembangan Buku Saku Sejarah Perkembangan Islam di Malang Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas X KPR di SMK Negeri 11 Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Kasimanuddin Ismain, M.Pd.

Kata Kunci: Buku Saku, Sumber Belajar, Sejarah Perkembangan Islam

Buku saku merupakan buku yang berisi tulisan dan di cetak dalam kertas yang berjilid dan dapat di masukkan ke dalam kantong baju, celana, rok dan lain-lain. Buku saku dikembangkan sebagai sumber pembelajaran sejarah. Produk yang dikembangkan ini berdasarkan permasalahan yang ada pada proses pembelajaran sejarah di SMK Negeri 11 Malang. Buku saku ini merupakan yang dibutuhkan oleh peserta didik, terutama pada materi sejarah perkembangan Islam di Malang. Peserta didik Kelas X KPR di SMK Negeri 11 Malang ini juga membutuhkan sumber-sumber yang lain. Permasalahan yang didapati yaitu kurangnya sumber belajar dan kurangnya media yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran sejarah di kelas, sehingga membuat peserta didik merasa bosan. Maka dari itu peneliti mengembangkan produk buku saku yang dapat digunakan oleh peserta didik kelas X, adapun pengembangan produk tersebut adalah Buku Saku Sejarah Perkembangan Islam di Malang.

Berdasarkan masalah di atas terdapat tujuan dikembangkannya Buku Saku yakni untuk menghasilkan produk berupa Buku Saku Sejarah Perkembangan Islam di Malang sebagai sumber belajar siswa kelas X KPR di SMK Negeri 11 Malang. Proses pengembangan Buku Saku Sejarah Perkembangan Islam di Malang menggunakan model dan penelitian yang dikemukakan oleh Sugiyono (2015) yang diadaptasi oleh peneliti, diawali dengan

(1) Potensi dan masalah.

(2) Pengumpulan data.

(3) Desain produk.

(4) Validasi desain.

(5) Revisi desain.

(6) Uji coba produk.

(7) Revisi produk.

(8) Uji coba pemakaian.

(9) Revisi produk. (10) Produk masal. Istrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket yang diisi oleh ahli validator materi yaitu Bapak Deny Yudo Wahyudi, S.Pd., M.Hum., sedangkan untuk ahli validator media yaitu Bapak Wahyu Djoko Sulistyo, S.Pd., M.Pd. Subjek uji coba penelitian ini yaitu peserta didik kelas X KPR 2 dan X KPR 3 SMK Negeri 11 Malang.

Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah produk berupa Buku Saku Sejarah Perkembangan Islam di Malang kelas X KPR SMK Negeri 11 Malang yang meliputi uraian materi tentang masuk dan berkembangnya Islam di Malang, tokoh-tokoh penyebar Islam di Malang, foto. Produk tersebut dinyatakan layak dan efektif untuk digunakan sebagai sumber belajar siswa. Produk tersebut telah divalidasi dengan hasil yang diperoleh yaitu, ahli materi sebesar 88,3% dan ahli media sebesar 81,25%. Untuk hasil persentase nilai skor dari uji coba produk sebesar 85,47%, dan untuk uji coba pemakaian mendapatkan nilai skor sebesar 91,25%. Selanjutnya untuk nilai Pre Test dan Post Test pada uji coba pemakaian yaitu pada Pre Test dengan nilai rata-rata sebesar 52,58 dan untuk nilai Post Test dengan nilai rata-rata 89,35. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk buku saku tersebut valid digunakan sebagai pembelajaran sejarah di dalam kelas maupun di luar kelas. Adapun saran pemanfaatan untuk pengguna yaitu peserta didik, guru untuk dapat mempergunakan produk sesuai dengan kebutuhan. Untuk diseminasi produk dapat digunakan pada lembaga lain atau sekolah dalam skala yang lebih luas maka perlu diperhatikan dengan kurikulum yang digunakan pada pada sekolah lain dan dalam skala yang lebih luas maka harus disesuaikan dengan kurikulum yang digunakan.