SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Infografis QR Materi “Kontribusi Erna Djajadiningrat Pada Masa Revolusi Fisik (1945-1949)” Untuk Pembelajaran Sejarah Indonesia Siswa Kelas X RPL 1 SMKN 2 Singosari

Rahma Rizmitunsasri Dwipatma

Abstrak


 

RINGKASAN

Rahma, Rizmitunsasri Dwipatma. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Infografis QR Materi “Kontribusi Erna Djajadiningrat Pada Masa Revolusi Fisik (1945-1949)” Untuk Pembelajaran Sejarah Indonesia Siswa Kelas X RPL 1 SMKN 2 Singosari. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Kasimanuddin Ismain, M.Pd dan (II) Dra. Yuliati, M.Hum.

Kata Kunci: bahan ajar, infografis, kode QR, revolusi fisik, Erna Djajadiningrat

Pada proses pembelajaran sejarah Indonesia di kelas X RPL 1 SMKN 2 Singosari terdapat beberapa permasalahan yang timbul, antara lain kurangnya variasi bahan ajar matapelajaran sejarah Indonesia, materi sejarah Indonesia yang sulit untuk dipahami oleh siswa , dan juga kurang pengetahuan siswa  smengenai tokoh pejuang wanita Indonesia. Berdasarkan permasalahan-permasalahan tersebut, maka peneliti memberikan sebuah solusi dengan mengembangkan sebuah produk bahan ajar infografis QR dengan materi “Kontribusi Erna Djajadiningrat Pada Masa Revolusi Fisik (1945-1949)”.

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk bahan ajar infografis QR sebagai bentuk solusi atas permasalahan yang terdapat dalam pembelajaran sejarah Indonesia di kelas X RPL 1 SMKN 2 Singosari. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan penerapan bahan ajar infografis QR materi “Kontribusi Erna Djajadiningrat Pada Masa Revolusi Fisik (1945-1949)” untuk digunakan sebagai bahan ajar matapelajaran sejarah Indonesia.

Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Sugiyono, yaitu

(1) potensi dan masalah,

(2) pengumpulan data,

(3) desain produk,

(4) validasi desain,

(5) revisi desain,

(6) uji coba produk,

(7) revisi produk,

(8) uji coba pemakaian,

(9) revisi produk, dan

(10) produksi massal. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket yang diisi oleh validator ahli materi, validator ahli media, dan siswa . Subjek uji coba penelitian ini ialah siswa kelas X RPL 1 SMKN 2 Singosari.  

Hasil validasi oleh validator ahli materi diperoleh persentase sebesar 86 %, sehingga bahan ajar infografis QR dikategorikan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar matapelajaran sejarah Indonesia tanpa perlu revisi. Hasil validasi oleh validator ahli media diperoleh persentase sebesar 69,5%, sehingga produk bahan ajar infografis QR dikategorikan layak digunakan sebagai bahan ajar matapelajaran sejarah Indonesia dengan sedikit revisi. Hasil uji coba produk kepada  delapan orang siswa diperoleh persentase sebesar 90,25% dan hasil uji coba pemakaian kepada 31 orang siswa dipeloleh persentase sebesar 90,1%, sehingga bahan ajar infografis QR dikategorikan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar matapelajaran sejarah Indonesia. Produk bahan ajar infografis QR diproduksi secara massSal dengan mengunggahnya pada media sosial Facebook.