SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Debat Rapat Dewan Kota untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi di Kelas XI IIS 2 MAN 3 Blitar

Fitriana Sururin

Abstrak


RINGKASAN

Fitriana, Sururin. 2019. Penerapan Model Debat Rapat Dewan Kota untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi di Kelas XI IIS 2 MAN 3 Blitar. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Dewa Agung Gede Agung, M. Hum.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Debat Rapat Dewan Kota, minat belajar

Pembelajaran sejarah di kelas XI IIS 2 MAN 3 Blitar mengalami masalah pembelajaran yakni rendahnya minat belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi selama kegiatan pembelajaran di kelas, guru menggunakan model pembelajaran yang sama setiap pertemuan yakni ceramah. Siswa menjadi kurang semangat dan mudah cepat merasa bosan pada saat pembelajaran berlangsung. Upaya yang pernah digunakan guru untuk meningkatkan minat belajar siswa adalah menerapkan model debat dimana partisipasi siswa dalam pembelajaran meningkat dengan baik. Akan tetapi, model debat yang diterapkan guru kurang maksimal dan belum terlaksana secara berkelanjutan. Peneliti bersama guru mata pelajaran sejarah berkolaborasi untuk kembali menerapkan debat yang lebih menarik sebagai upaya memperbaiki minat belajar siswa XI IIS 2 adalah dengan penerapan model pembelajaran Debat Rapat Dewan Kota. Model Debat Rapat Dewan Kota merupakan kombinasi dari dua strategi untuk menstimulasi diskusi kelas agar lebih hidup dan menarik. Penggunaan Rapat Dewan Kota dapat divariasikan ke dalam Debat sehingga alur dalam Debat Rapat Dewan Kota berbeda dengan debat pada umumnya. Dengan penerapan model tersebut diharapkan siswa dapat berminat dan terdorong untuk mengikuti pembelajaran sejarah dengan semangat.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yakni penelitian yang dilakukan di dalam kelas bertujuan untuk memecahkan dan memperbaiki masalah dalam pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini terdiri dari dua pemberian tindakan dimana masing-masingnya terdiri dari langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Minat belajar siswa di kelas XI IIS 2 dilihat dari empat aspek yakni perasaan senang, keterlibatan siswa, ketertarikan dan perhatian siswa. Keempat aspek tersebut diamati melalui lembar observasi yang dilakukan observer selama pembelajaran berlangsung dan wawancara dengan guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan siswa menjadi berminat dan semangat serta membangun kerjasama yang baik selama penerapan model. Hasil data siklus I menunjukkan minat siswa mencapai 49% dengan format kelas besar yakni dua kelompok sedangkan hasil data siklus II menunjukkan minat siswa mencapai 77% dengan format kelas yang lebih kecil yakni dengan empat kelompok atau tiga kali sesi debat, sehingga peningkatan dari presentase siklus I ke siklus II sebesar 28%.

Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Debat Rapat Dewan Kota dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penerapan model ini dapat dijadikan salah satu model pembelajaran yang interaktif bagi siswa terutama dalam mata pelajaran sejarah. Penggunaan format kelompok debat yang kecil lebih efektif untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam kelompok.