SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kinerja Guru Sejarah dalam Menumbuhkan Sikap Cinta Tanah Air melalui Pembelajaran Sejarah tentang Situs Bersejarah di Kabupaten Pasuruan pada Siswa SMA Negeri 1 Purwosari

Ailil Rohana Nur

Abstrak


ABSTRAK

Ailil, Rohana Nur.2018.Kinerja Guru Sejarah dalam Menumbuhkan Sikap Cinta Tanah Air melalui Pembelajaran Sejarah tentang Situs Bersejarah di Kabupaten Pasuruan pada Siswa SMA negeri 1 Purwosari.Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Slamet Sujud Purnawan Jati, M.Hum.

Kata kunci: Kinerja guru, cinta tanah air, situs sejarah

Sikap cinta tanah air yang terdapat dalam diri siswa pada masa ini semakin berkurang. Siswa yang cenderung acuh terhadap budaya Nusantara dan lebih tertarik terhadap budaya asing. Permasalahan ini menjadi tugas bagi orangtua, guru, dan pemerintah dalam menumbuhkan sikap cinta tanah air dalam diri siswa. Guru sejarah memiliki peran penting dalam menumbuhkan sikap cinta tanah air melalui pembelajaran sejarah yang dilakukan oleh guru dengan metode pembelajaran yang menarik dan variatif seperti mengajak siswa ke situs bersejarah di sekitar. Selain itu, pemerintah juga memiliki tugas dalam menumbuhkan sikap cinta tanah air pada siswa yaitu dengan adanya program pendidikan karakter.

 Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk untuk mengetahui upaya guru sejarah dalam menumbuhkan cinta tanah air pada siswa SMA Negeri 1 Purwosari, kendala guru sejarah dalam menumbuhkan cinta tanah air pada siswa SMA Negeri 1 Purwosari, dan menjelaskan Kinerja Guru Sejarah dalam Menumbuhkan Sikap Cinta Tanah Air melalui Pembelajaran Sejarah tentang Situs Bersejarah di Kabupaten Pasuruan pada Siswa SMA negeri 1 Purwosari. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan teknik observasi pada proses pembelajaran di kelas dan teknik wawancara kepada guru dan siswa. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan diolah dan keabsahan data diperiksa dengan teknik triangulasi.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, peneliti memperoleh tiga simpulan penelitian sebagai berikut. Pertama, upaya guru sejarah dalam menumbuhkan cinta tanah air pada siswa SMA Negeri 1 Purwosari adalah mengenalkan tentang situs bersejarah, para pahlawan, kebudayaan bangsa, dan tertib ketika pembelajaran.

Kedua, kendala guru sejarah dalam menumbuhkan cinta tanah air pada siswa SMA Negeri 1 Purwosari adalah adanya ketidakpahaman guru akan kebijakan pendidikan karakter, ketidaktahuan siswa akan situs bersejarah di sekitar, serta kurangnya antusias dan perhatian siswa terhadap pelajaran sejarah.

Ketiga, kinerja guru sejarah dalam menumbuhkan cinta tanah air siswa melalui pembelajaran sejarah tentang situs bersejarah  di Kabupaten Pasuruan bagi siswa SMA Negeri 1 Purwosari adalah melalui kinerja seorang guru sebagai fasilitator, inisiator, informator, organisator, mediator, transmitter, dan motivator.