SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS A PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI MADRASAH ALIYAH MA’ARIF NU KOTA BLITAR TAHUN 2018-2019

Zahid Abdi Satria

Abstrak


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini

(1)Mendiskripsikan pelaksanaan model pembelajaran Project-Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS A di Madrasah Aliyah Ma’arif NU Kota Blitar.

(2) Menganalisispeningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS A pada mata pelajaran sejarah setelah menggunakan model pembelajaran Project-Based Learning. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi awal, wawancara, melakukan pengamatan langsung melalui lembar observasi kegiatan siswa dan guru, catatan lapangan, dokumentasi, dan menggunakan alat evaluasi (test) dengan membandingkan hasil belajar siswa pada pelaksanaan pre-test, post-test siklus I dan post-test siklus II yang dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian adalah:

(1) Keterlaksanaan pembelajaran di kelas XI IPS A dengan menerapkan model pembelajaran Project-Based Learningsudah mencapai keberhasilan yang baik dan berjalan dengan lancar, siswa terlihat antusias dan paham dengan apa yang sedang dikerjakan untuk memecahkan masalah dan menuangkannya pada sebuah produk,

(2) hasil belajar siswa terbukti meningkat setelah diterapkan model pembelajaran Project-Based Learning.

Kata kunci: model pembelajaran Project-Based Learning, hasil belajar, bidang sejarah.