SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGGUNAAN MEDIA FILM UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X TKJ 2 SMKN 11 MALANG

Noersya Putra Dhana

Abstrak


ABSTRAK

Noersya Putra, Dhana. 2019. Penggunaan Media Film Untuk Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas X TKJ 2 SMKN 11 Malang. Pembimbing Dr. Ari Sapto, M.Hum.

Kata Kunci:  Minat Belajar, Pembelajaran Sejarah, Media Film.

Media pembelajaran sebagai salah satu alat komunikasi antara guru dan siswa, selain harus memenuhi standar kompetensi juga harus mampu menarik perhatian siswa sehingga media tersebut dapat dimanfaatkan secara efektif. Unsur- unsur dalam media yang menarik dapat membuat siswa lebih memperhatikan pembelajaran dan tidak merasa bosan. Salah satu masalah yang mendasar dalam dunia pendidikan adalah bagaimana usaha untuk meningkatkan proses belajar mengajar sehingga memperoleh hasil yang efektif dan efisien, tidak terkecuali pada pelajaran sejarah

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu:

(1) Bagaimana minat siswa dengan pembelajaran sejarah ?

(2) Bagaimana minat siswa terhadap pembelajaran sejarah dengan menggunakan media film pada pokok bahasan Asal Usul dan Persebaran Nenek Moyang Bangsa Indonesia?

(3) Bagaimana minat siswa dalam pembelajaran sejarah setelah menggunakan media film?

Metode dalam penelitian ini menggunakan PTK. Lokasi PTK di lakukan peneliti adalah di SMKN 11 Malang. Peneliti memilih SMA ini karena SMA ini siswa-siswanya terlihat kurang berminat dengan pelajaran sejarah terutama kelas X. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui minat belajar siswa terhadap pembelajaran sejarah dengan menggunakan media film.

Hasil penelitian ini menunjukkan pemanfaatan media film sebagai alat bantu untuk menyampaikan informasi materi kepada siswa dapat menciptakan pembelajaran yang lebih menarik. Menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan menggembirakan  merupakan hal yang terpenting. Penerapan media film sejarah dapat diterapkan secara efektif dengan jumlah siswa yang besar. Menggunakan media film sejarah mampu membuat siswa lebih aktif dalam melaksanakan pembelajaran. Seluruh kegiatan bedasarkan prosedur yang berlaku dalam pembelajaran dengan menggunakan media film sejarah dapat dilaksanakan oleh siswa dengan baik dan siswa melaksanakan kegiatan tersebut secara aktif.