SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MELALUI PENGGUNAAN MEDIA MATA UANG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X AP SMK TAMANSISWA 1 KOTA PROBOLINGGO 2017-2018

SUNDRA MURTI

Abstrak


Abstrak

Pembelajaran Sejarah memang diidentikkan dengan bercerita. Pada umumnya kebanyakan para guru sejarah menjelaskan pelajaran sejarah dengan menekankan metode ceramah dan hafalan yang menyebabkan pemahaman konsep siswa jenuh dan bosan. Sisi lain pelajaran sejarah juga dianggap sebagai pelajaran yang tidak penting bagi siswa. Model Discovery Learning merupakan suatu model untuk mengembangkan cara belajar siswa aktif dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, maka hasil yang diperoleh akan akan mudah dipahami oleh siswa. Dalam perkembangannya Discovery Learning banyak digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini sendiri dimaksudkan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Discovery Learning melalui penggunaan media mata uang untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMK 1 Tamansiswa Kota Probolinggo. Penelitian ini merupakan penellitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi :

1)  hasil pengamatan lapangan (siswa dan guru),

2) hasil catatan lapangan,

3) angket motivasi siswa. Dalam tindakan penelitian terdapat

(1) Perencanaan,

(2) Pelaksanaan,

(3) Pengamatan,

(4) Refleksi. Data yang diperoleh pada siklus I sebesar 74,75% meningkat menjadi 83,5% dengan kategori baik. Peningkatan motivasi belajar dilihat pada beberapa aspek yaitu attention, relevance, confidence, dan satisfaction. Pada aspek attention mengalami peningkatan sebesar 74,5% pada siklus I meningkat menjadi 84% pada siklus II. Aspek relevance meningkat sebesar 76,5% pada siklus I meningkat menjadi 84,5%, pada siklus II. Selanjutnya aspek confidence pada siklus I sebesar 76,5%  meningkat menjadi 84,5% pada siklus II . Terakhir aspek satisfaction pada siklus I sebesar 73,5% meningkat menjadi 82,5% pada siklus II. Berdasarkan hasil peneltian tersebut, maka peneliti menyarankan kepada guru sejarah agar model pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan mata uang dapat digunakan sebagai alternative pembelajaran sejarah

Kata Kunci: model pembelajaran, Discovery Learning, Mata Uang, motivasi belajar siswa, sejarah.

Abstract

History learning is indeed identified with storytelling. In general, most history teachers explain history lessons by emphasizing lecture and memorization methods which lead to understanding the concepts of students saturated and bored. The other side of history lessons is also considered as an insignificant lesson for students. Discovery Learning Model is a model for developing active learning methods by finding oneself, investigating on their own, then the results obtained will be easily understood by students. In its development Discovery Learning is widely used in the learning process at school. This study itself is intended to describe the application of the Discovery Learning learning model through the use of currency media to increase the learning motivation of students at the Tamansiswa 1 Vocational School in Probolinggo City. This research is a classroom action research using a qualitative approach. Data collected in this study include:

1) results of field observations (students and teachers),

2) results of field notes,

3) student motivation questionnaires. In research actions there are

(1) Planning,

(2) Implementation,

(3) Observation,

(4) Reflection. Data obtained in the first cycle of 74.75% increased to 83.5% in the good category. Increased learning motivation is seen in several aspects, namely attention, relevance, confidence, and satisfaction. In the attention aspect there was an increase of 74.5% in the first cycle increased to 84% in the second cycle. The relevance aspect increased by 76.5% in the first cycle increased to 84.5%, in the second cycle. Furthermore, aspect confidence in the first cycle of 76.5% increased to 84.5% in the second cycle. The last aspect of satisfaction in the first cycle was 73.5%, increasing to 82.5% in the second cycle. Based on the results of the study, the researchers suggested to history teachers that the Discovery Learning learning model using currency can be used as an alternative to historical learning

Keywords: learning model, Discovery Learning, Currency, student motivation, history.