SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Soal-soal Pada LKS IPS Terpadu SMP Kelas VIII Semester II Berdasarkan KTSP di Kota Malang.

dita rosiana dewi

Abstrak


ABSTRAK

Dewi, Dita Rosiana. 2010. Analisis Soal-soal Pada LKS IPS Terpadu SMP Kelas VIII Semester II Berdasarkan KTSP di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Mashuri, M.Hum.

Kata kunci : Analisis, LKS, soal-soal evaluasi, kaidah penulisan soal, ranah kognitif, KTSP

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pembelajaran agar mencapai hasil yang maksimal adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat. Media pembelajaran yang biasa digunakan di sekolahsekolah SMP adalah berupa LKS. Salah satu komponen isi LKS yang dapat memberikan peluang terjadinya kegiatan belajar secara individual adalah tersedianya soal. Melalui soal-soal tersebut dapat diketahui seberapa besar tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang di pelajari, karena dalam soal-soal itu sudah tercemin seluruh isi dari bahan kajian dan kegiatan eksperimen yang dilakukan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian butir soalsoal pada LKS IPS Terpadu SMP Kelas VIII Semester II berdasarkan dengan kaidah penyusunan soal, serta mengetahui sebaran ranah kognitif untuk masingmasing kemampuan intelektual siswa yaitu tingkatan ingatan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi yang terdapat dalam soal-soal LKS IPS Terpadu SMP Kelas VIII Semester II Berdasarkan KTSP.

Penelitian ini disebut penelitian kuantitatif-kualitatif karena penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran sampai seberapa besar pembelajaran IPS Terpadu itu dilakukan untuk mengembangkan kemampuan intelektual siswa yang di berikan melalui soal-soal evaluasi yang terdapat dalam LKS IPS Terpadu SMP Kelas VIII Semester II ditinjau dari kesesuaiannya dengan KTSP. Sedangkan jenis dari penelitian ini digolongkan dalam analisis isi karena dalam penelitian ini data yang diperoleh berasal dari dokumen dalam bentuk LKS yang digunakan sebagai media pembelajaran.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa dari 16 kaidah penyusunan soal pilihan ganda yang baik, hanya ada 10 kaidah yang dipenuhi oleh soal pilihan ganda pada LKS IPS Terpadu A SMP Kelas VIII Semester II terbitan CV. GNK dan ada 12 kaidah yang dipenuhi oleh seluruh soal pada LKS IPS Terpadu B SMP Kelas VIII Semester II terbitan CV. TKJ. Sedangkan dari 13 kaidah penyusunan soal uraian yang baik, ada 6 kaidah yang dipenuhi oleh soal pilihan ganda pada LKS IPS Terpadu A SMP Kelas VIII Semester II terbitan CV. GNK dan ada 9 kaidah yang dipenuhi oleh seluruh soal pada LKS IPS Terpadu B SMP Kelas VIII Semester II terbitan CV. TKJ. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa LKS IPS Terpadu B SMP kelas VIII Semester II terbitan CV. TKJ mempunyai sebaran ranah kognitif yang sesuai dengan kriteria komposisi aspek yang diungkap dalam pedoman penyusunan soal untuk bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial. Sedangkan untuk LKS IPS Terpadu A SMP Kelas VIII Semester II terbitan CV. GNK mempunyai sebaran ranah kognitif yang tidak sesuai komposisi aspek yang harus diungkap dalam pedoaman penyusunan soal untuk bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial.