SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Suplemen Bermateri Pengatuh Budaya Indis terhadap Bangunan SDN Ditotrunan 1 Lumajang untuk Pembelajaran Sejarah

Novitasari Eka Ayuningtyas

Abstrak


ABSTRAK

Peninggalan pada masa kolonial di Lumajang tidak banyak dibahas dalam pembelajaran sejarah sehingga pengetahuan mengenai peninggalan pada masa ini kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar yang berguna untuk mengenalkan peninggalan pada masa kolonial khususnya bangunan yang mendapatkan pengaruh kolonial di Lumajang. Salah satu dari bangunan tersebut adalah SDN Ditotrunan 1 Lumajang.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa buku suplemen layak untuk dijadikan sebagai bahan ajar di sekolah.

Kata Kunci: Buku Suplemen, Budaya Indis, Bangunan SDN Ditotrunan 1

Abstract

The legacy of the colonial period in Lumajang was not much discussed in historical studies so that knowledge of relics at this time was lacking. The purpose of this study is to produce teaching materials that are useful for introducing relics in the colonial period, especially buildings that gained colonial influence in Lumajang. One of these building is SDN Ditotrunan 1 Lumajang. The results of this study indicate that supplementary book is appropriate to be used as teaching materials in schools.

Keywords: Supplementary Book, Indis Culture, SDN Ditotrunan 1Building