SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS 2 MAN 1 KOTA PROBOLINGGO

Fahruzi Fariz

Abstrak


ABSTRAK

Fahruzi, Fariz. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 2 di MAN 1 Kota Probolinggo. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ari Sapto, M.Hum

Kata Kunci : Model pembelajaran, Talking Stick, Hasil Belajar.

Dalam proses belajar mengajar memerlukan suatu teknik-teknik atau sebuah metode-metode dalam mengajar tersendiri agar dalam proses  penyampaian pengetahuan kepada murid dapat berjalan dengan lancer. Sebagaimana profesi seorang pengajar atau guru yang nantinya akan memberikan pengetahuan kepada muridnya diharuskan memahami dan mengerti metode pembelajaran. Bukan hanya itu, sebagai seorang guru juga dapat mempraktekkan metode pembelajaran sesuai dengan materi yang akan diajarkan.

Guru memiliki peran penting dalam menentukan hasil belajar siswa. Indikator-indikator yang terkait di dalamnya menjadi penting untuk menuju hasil pembelajaran yang diharapkan. Dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai, diharapkan siswa aktif dalam proses pembelajaran sejarah di kelas. Model pembelajaran Talking Stick termasuk salah satu model pembelajaran kooperatif. model pembelajaran ini dilakukan dengan bantuan tongkat, siapa yang memegang tongkat wajib menjawab pertanyaan dari guru setelah peserta didik mempelajari materi pokoknya. Pembelajaran dengan model Talking Stick mendorong peserta didik untuk berani mengemukakan pendapat. Model ini diawali dengan penjelasan guru mengenai materi pokok yang akan dipelajari. Kemudian dengan bantuan Stick (tongkat) yang bergulir peserta didik dituntut untuk merefleksikan atau mengulang kembali materi yang sudah dipelajari dengan cara menjawab pertanyaan dari guru. Siapa yang memegang tongkat, dialah yang wajib menjawab pertanyaan (Talking). Model pembelajaran ini juga dapat digunakan untuk mereview pelajaran yang telah dipelajari, dengan menggunakan model ini peserta didik kembali diajak untuk mengingat materi pelajaran yang telah dipelajari sebelumnya.a