SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) MODEL SIMULASI BERBASIS POWERPOINT AUDIO VISUAL DIBANDINGKAN YANG MENGGUNAKAN POWERPOINT DI KELAS X IIS DI SMA NEGERI BARENG JOMBANG

MUHAMMAD RYAN HIDAYATULLAH

Abstrak


ABSTRACT

The application of technology in Education is a step in facing the era of globalization. One example is the using of more interactive and innovative learning media. The use of interactive learning media encourages teachers to be more creative in designing learning media. One learning media that used by teacher is Powerpoint. The use of effective and innovative Powerpoint media will have significant impact on student learning outcomes. One of the learning media used in this research is CAI (computer assisted instruction) media based on audio-visual Powerpoint simulation models. The purpose of this research was to determine differences in learning outcomes of students using CAI learning media based on audio-visual Powerpoint simulation models compared to those using Powerpoint in SMA Bareng Jombang District. This research is an experimental research that uses experimental class and control class. The subjects in this research were class X IIS 1 as the experimental class and X IIS 3 as the control class. The instruments used in this research were 5 essay posttest questions. The calculation of tests techniques is adjusted to the guidelines for scoring. Data analysis techniques using the SPSS 16.0 for Windows application. Hypothesis testing used is t-test (analysis of variance). The results of research indicate that there are differences in learning outcomes from students using CAI learning media based audio-visual powerpoint with those using powerpoint in SMA Bareng Jombang. The results of research show that the learning outcomes of students using CAI media in audio-visual powerpoint-based simulation models have an average value (76.94) higher than the class using powerpoint has an average value (68.12). This means that in this research there are differences in learning outcomes between students who use CAI media on audio-visual powerpoint-based simulation models compare to those using powerpoint in X IIS Class SMA Bareng Jombang.

Abstrak

Pengaplikasian teknologi dalam Pendidikan merupakan sebuah langkah dalam menghadapi era globalisasi. Salah satu contohnya adalah penggunaan media pembelajaran yang lebih interaktif dan inovatif. Pengunaan media pembelajaran interaktif mendorong guru untuk lebih kreatif dalam mendesain media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah powerpoint. Penggunaan media powerpoint yang efektif dan inovatif akan memberikan dampak yang signifikan kepada hasil belajar peserta didik. Salah satu media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah media CAI (computer assisted instruction) model simulasi berbasis powerpoint audio visual. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran CAI model simulasi berbasis powerpoint audio visual dibandingkan yang menggunakan powerpoint di SMA Negeri Bareng Kabupaten Jombang.

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan X IIS 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal posttest sebanyak 5 butir soal essai. Perhitungan tes yang digunakan disesuaikan dengan pedoman penskoran butir soal. Teknik analisis data menggunakan aplikasi SPSS 16.0 for windows. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t (analysis of variance).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar  dari peserta didik yang menggunakan media pembelajaran CAI model simulasi berbasis powerpoint audio visual dengan yang menggunakan powerpoint di SMA Negeri Bareng Kabupaten Jombang. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media CAI model simulasi berbasis powerpoint audio visual memiliki nilai rata-rata (76,94) lebih tinggi dari kelas yang menggunakan powerpoint memiliki nilai rata-rata (68,12). Artinya dalam penelitian ini terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang menggunakan media CAI model simulasi berbasis powerpoint audio visual dengan yang menggunakan powerpoint di kelas X IIS SMA Negeri Bareng Kabupaten Jombang.