SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kinerja Guru Sejarah SMK Negeri Dalam Pembelajaran Sejarah di Kabupaten Pasuruan

AJI KUSUMA DWI YOGA

Abstrak


Abstrak

Kinerja guru merupakan faktor yang menentukan kualitas di dalam pembelajaran. Guru dapat dikatakan baik jika kinerja yang ditunjukkan selama pembelajaran di kelas berjalan dengan baik. Tentu saja guru harus memiliki kinerja yang baik dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang dibebankan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja guru SMK Negeri dalam pembelajaran sejarah di Kabupaten Pasuruan, yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di tiga sekolah, yakni SMKN 1 Purwosari, SMKN 1 Bangil dan SMKN 2 Sukorejo. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kegiatan analisis yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil temuan peneliti terkait dengan kinerja guru dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran menjadi tolak ukur keberhasilan guru dalam melaksanakan kegiatan proses pembelajaran di kelas.

Kata kuncikinerja, guru sejarah, pembelajaran sejarah

 

Abstract

Teacher performance is a factor that determines the quality of learning. The teacher can be said to be good if the performance shown during class learning is going well. Of course the teacher must have a good performance in carrying out his duties in accordance with the responsiblities charged. This study aims to describe the performance of teachers at the State Vocational School in History Learning in Pasuruan Regency, which includes learning planning, implementing learning and evaluating historical learning. This study uses a qualitative approach with a type of descriptive research. This research was conducted in three schools, namely Vocational High School of Purwosari, Vocational School of Bangil and Vocational High School of Sukorejo 2nd . Data collection is done by observation, interview and documentation techniques. The analysis activities carried out in this study include data reduction, data presentation and conclusion. The findings of researchers related to teacher performance in the process of planning, implementing and evaluating learning become a benchmark for the succes of the teacher in carrying out classroom learning activities.

Keywordsperformance, history teacher, history learning