SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN HIGHER ORDER THINGKING SKILL (HOTS) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMKN NEGERI 3 MALANG KELAS X

Irmaya Merdiana

Abstrak


Abstrak

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kendala penerapan HOTS di SMKN 3 Malang terletak pada kurangnya pemahaman dari guru dalam mengimplementasi HOTS terhadap peserta didik.Selain itu ditemukan dampak positif bagi peserta didik yaitu meningkatkan kemauan belajar peserta didik, sedangkan dampak negatifnya adalah peserta didik tidak mampu beradaptasi dengan soal HOTS sehingga berpengaruh pada pencapaian hasil belajar.

Kata Kunci: HOTS, implementasi, hasil belajar.

Abstract

Research results show that the difficulty of history teachers lies in the teachers' lack of understanding in implementing HOTS toward students. Other than that, this research discovered positive impact for students, which is the improvement of students' will of learning, while the negative impact for students is their inability to adapt with HOTS's questions, which is affect their learning outcomes.

Keywords :HOTS,    implementation, learning outcomes