SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Kalender Sejarah Materi Upaya Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia (1945-1949) dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas X SMKN 10 Malang

KHAVITA MUTIARA

Abstrak


Permasalahan-permasalahan di dalam dunia pendidikan dikarenakan oleh banyak hal, salah satunya yaitu penggunaan media untuk mendukung proses pembelajaran. Di SMKN 10 Malang, proses pembelajaran sejarah cenderung berjalan secara satu arah dengan didominasi oleh guru. Hal tersebut menyebabkan peserta didik kesulitan menerima materi yang hanya disampaikan dengan cara konvensional, yaitu ceramah. Adanya revisi kurikulum 2013 juga menjadi salah satu faktor yang menghambat peserta didik dalam belajar sejarah. Materi yang banyak dengan jam belajar yang sedikit, membuat peserta didik jadi kesulitan dalam belajar sejarah. Ditambah lagi, jumlah buku yang disediakan oleh sekolah juga tidak memadai, yaitu hanya sejumlah peserta didik dalam satu kelas. Selain dikarenakan permasalahan-permasalahan tersebut, alasan utama peneliti melakukan penelitian pengembangan ini adalah keluhan dari peserta didik. Peserta didik merasa kesulitan dalam menghapal tanggal-tanggal terjadinya peristiwa. Tanggal terjadinya peristiwa merupakan aspek temporal yang sangat penting bagi historiografi sejarah. Hal ini dikarenakan pembahasan sejarah sangat erat kaitannya dengan ruang dan waktu.

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk pengembangan berupa media pembelajaran kalender sejarah dalam materi strategi dan upaya-upaya mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

Penelitian pengembangan ini dikembangkan dengan menggunakan metode penelitian pengembangan milik Sugiyono yang terdiri atas 10 tahapan yaitu

1) potensi dan masalah,

2) pengumpulan data,

3) desain produk,

4) validasi desain,

5) revisi desain,

6) uji coba produk,

7) revisi produk,

8) uji coba pemakaian,

9) revisi produk, dan

10) produksi massal.

Namun, dalam pelaksanaannya peneliti memodifikasi metode penelitian tersebut sehingga hanya terdiri atas 9 tahapan, yaitu

1) penentuan masalah,

2) pengumpulan data,

3) desain produk dan materi,

4) validasi produk,

5) revisi produk,

6) uji coba produk kelompok kecil,

7) uji coba pemakaian kelompok besar,

8) revisi produk akhir,

9) produksi akhir.Metode pengembangan ini dilakukan berdasarkan hasil dari observasi awal dan wawancara dengan guru dan peserta didik mengenai proses pembelajaran sejarah di sekolah.Penelitian pengembangan media pembelajaran kalender sejarah sudah melalui tahap validasi dan uji coba untuk menguji kelayakan produk sebagai media pembelajaran.

Validasi ahli dilakukan oleh para ahli di bidangnya. Hasil dari penelitian pengembangan media pembelajaran kalender sejarah, validasi ahli materi mendapatkan skor 51 dari total skor ideal 56 dengan persentase sebesar 91%, dan validasi ahli media mendapatkan skor 57 dari total skor ideal 60 dengan persentase sebesar 95%. Sedangkan tahap uji coba produk yang dilakukan kepada peserta di kelas X TKJ 4 SMKN 10 Malang dalam dua tahap. Tahap pertama, uji coba produk awal kelompok kecil mendapatkan skor 447 dari total skor ideal 512 dengan persentase sebesar 87%. Pada tahap selanjutnya, uji coba pemakaian kelompok besar mendapatkan skor 1489 dari total skor ideal 1664 dengan persentase 89%. Dari hasil validasi dan uji coba produk menunjukkan bahwa media pembelajaran kalender sejarah ini tergolong sangat valid dan sangat baik untuk digunakan.