SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN KELAS X IIS 1 DAN X IIS 2 MA BILINGUAL BATU

Juli Kithin Shofiyanti

Abstrak


Abstrak

Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh guru dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakter siswa. pelaksanaan pembelajaran sejarah peminatan di sekolah Madarasa Aliyah (MA) diberikan hanya pada jurusan ips dan guru masih dominal menggunakan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran konvesional yang diterapkan oleh guru belum mampuh mendorong siswa untuk meningkatkan hasil belajar sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang dipatok di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan pengaruh penggunaan model kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran sejarah peminataan kelas X IIS 1 dan X IIS 2 MA Bilingual Batu. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 3%. Hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick mengalami peningkatan sebesar 20,6%. Model kooperatif tipe talking stick memberi pengaruh terhadap hasil belajar mata peajaran peminatan di kelas X IIS MA Bilingual Batu

Kata Kunci: model kooperatif talking stick, hasil belajar, pembelajaran sejarah peminatan

 

Abstrack

Student learning outcomes are influenced by the teacher by applying the appropriate learning model and in accordance with the character of the students. the implementation of specialization history learning at Madarasa Aliyah (MA) school is given only in the ips department and the teacher is still dominant using conventional learning models. The conventional learning model applied by the teacher has not been able to encourage students to improve learning outcomes in accordance with the minimum completeness criteria (KKM) set at school. The purpose of this study is to describe the effect of using a cooperative model of the talking stick type on the learning outcomes of students in history subjects in class X IIS 1 and X IIS 2 MA Bilingual Batu. The results showed that there was a significant effect of 3%. The learning outcomes of the experimental class 

 

Abstrak

Hasil belajar siswa dipengaruhi oleh guru dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakter siswa. pelaksanaan pembelajaran sejarah peminatan di sekolah Madarasa Aliyah (MA) diberikan hanya pada jurusan ips dan guru masih dominal menggunakan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran konvesional yang diterapkan oleh guru belum mampuh mendorong siswa untuk meningkatkan hasil belajar sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang dipatok di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan pengaruh penggunaan model kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran sejarah peminataan kelas X IIS 1 dan X IIS 2 MA Bilingual Batu. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 3%. Hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick mengalami peningkatan sebesar 20,6%. Model kooperatif tipe talking stick memberi pengaruh terhadap hasil belajar mata peajaran peminatan di kelas X IIS MA Bilingual Batu

Kata Kunci: model kooperatif talking stick, hasil belajar, pembelajaran sejarah peminatan

 

Abstrack

Student learning outcomes are influenced by the teacher by applying the appropriate learning model and in accordance with the character of the students. the implementation of specialization history learning at Madarasa Aliyah (MA) school is given only in the ips department and the teacher is still dominant using conventional learning models. The conventional learning model applied by the teacher has not been able to encourage students to improve learning outcomes in accordance with the minimum completeness criteria (KKM) set at school. The purpose of this study is to describe the effect of using a cooperative model of the talking stick type on the learning outcomes of students in history subjects in class X IIS 1 and X IIS 2 MA Bilingual Batu. The results showed that there was a significant effect of 3%. The learning outcomes of the experimental class students who were taught using the cooperative learning model the talking stick type increased by 20.6%. The cooperative model of talking stick type has an influence on the learning outcomes of specialization subjects in class X IIS MA Bilingual Batu

Keywords: cooperative talking stick model, learning outcomes, specialization history learningstudents who were taught using the cooperative learning model the talking stick type increased by 20.6%. The cooperative model of talking stick type has an influence on the learning outcomes of specialization subjects in class X IIS MA Bilingual Batu

Keywords: cooperative talking stick model, learning outcomes, specialization history learning