SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SEJARAH KELAS VIII E SMP NEGERI 18 MALANG

Supriyanto Supriyanto

Abstrak


 Karakteristik pendidikan saat ini adalah menekankan kepada keaktifan siswa untuk menggali pengetahuannya sendiri. Namun dalam kenyataannya masih banyak kita jumpai permasalahan pembelajaran seperti yang terjadi di SMPN 18 Malang. Siswa biasanya hanya diam, kalau tidak mereka melamun, bicara dengan temannya sendiri, banyak yang ijin untuk kelar kelas dengan berbagai macam alasan, tapi kalau ditegur baru mereka diam dan mendengarkan lagi. Oleh karena itu peneliti mengenalkan model NHT untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model NHT dapat meningkatkan motivasi yang berdampak pada peningkatan hasil belajar