SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan E-Modul Sejarah Perdikan Sewulan Berbasis Android dengan Aplikasi Unity3D sebagai Bahan Ajar Sejarah Materi Kerajaan Mataram Islam untuk Kelas XI SMA Negeri 1 Geger Kabupaten Madiun

HAFIDZ FARKANUL DZIKRI

Abstrak


Dewasa ini, para pendidik belum sering memanfaatkan smartphone sebagai media pendukung pembelajaran, sehingga kondisi pembelajaran sejarah sendiri terlihat sangat monoton dan tergolong membosankan, karena pembelajaran didominasi dengan ceramah dan pemberian tugas dari LKS yang satu-satunya dijadikan sumber pembelajaran. Selain masalah tersebut peserta didik sendiri kurang memahami potensi dari sejarah lokal mereka sendiri, yang mengakibatkan kurang efektifnya pembelajaran sejarah. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah inovasi dalam mendesain buku yang digunakan dalam pembelajaran sejarah. Salah satu prioritas untuk menarik minat peserta didik adalah tampilan buku elektronik sejarah yang memudahkan mereka dalam kegiatan pembelajaran sejarah. Salah satu inovasinya adalah buku elektronik atau umumnya disebut E-Modul (Electronic Modul).

Berdasarkan pernyartaan di atas, maka tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan dan menguji efektifitas bahan ajar E-Modul Sejarah Perdikan Sewulan masa Kerajaan Mataram Islam untuk peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Geger Kabupaten Madiun. Metode yang digunakan peneliti adalah metode penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Sugiyono, yaitu

(1) potensi dan masalah,

(2) pengumpulan data,

(3) desain produk,

(4) validasi desain,

(5) revisi desain,

(6) uji coba produk,

(7) revisi produk (awal),

(8) uji coba pemakaian,

(9) revisi produk (akhir), dan

(10) produksi masal.

Produk bahan ajar E-Modul Sejarah Perdikan Sewulan, sesuai dengan KD 3.2 dengan rincian materi antara lain:

(1) Proses berdirinya Mataram Islam,

(2) Peristiwa seputar Geger Pacinan 1740-1743 dan Peran Raden Mas Bagus Harun,

(3) Proses berdirinya Perdikan Sewulan,

(4) Peristiwa seputar Perjanjian Giyanti dan posisi Perdikan Sewulan. Produk ini berbentuk filetype apk dan terdapat soal evaluasi berbentuk kuis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi materi dari ahli materi memperoleh nilai persentase sebesar 95%, sedangkan validasi bahan ajar dari ahli bahan ajar diperoleh nilai persentase sebesar 96%. Hasil uji coba awal kelompok kecil dengan jumlah 6 peserta didik diperoleh nilai persentase sebesar 96%. Dari hasil uji coba pemakaian kelompok besar dengan jumlah 35 peserta didik diperoleh nilai persentase sebesar 94%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar E-Modul Sejarah Perdikan Sewulan ini tergolong sangat valid dan sangat efektif digunakan untuk pembelajaran sejarah, khususnya sejarah lokal.