SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IIS 2 DI MAN 4 KEDIRI

MUTAHAR M DIAN

Abstrak


ABSTRAK

Mutahar, M. Dian. 2019. Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI IIS 2 Di MAN 4 Kediri. Skripsi. Jurusan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Joko Sayono, M.Pd., M.Hum.

Kata Kunci: Kontekstual, Pemahaman, Pembelajaran Sejarah.

Peneliti dalam observasi menemukan permasalahan mengenai pemahaman sejarah peserta didik yang masih rendah, hal ini dikarenakan pembelajaran yang kurang inovatif dalam menerapkan berbagai model dan pendekatan. Berdasarkan observasi awal diketahui nilai rata-rata kelas masih dibawah KKM yang ditetapkan. Nilai KKM yang ditetapkan di MAN 4 Kediri ialah 75, dan nilai rata-rata kelas XI IIS masih berada di bawahnya. Untuk dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran sejarah perlu diterapkan pembelajaran kontekstual yang berorientasi pada lingkungan sekitar peserta didik.

Solusi yang ditawarkan adalah dengan menerapkan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching Learning/CTL) pada materi pembelajaran sejarah. Tujuan dari penelitian ini ialah

(1) menerapkan pembelajaran kontekstual pada dalam pembelajaran sejarah pada peserta didik kelas XI IIS 2 di MAN 4 Kediri,

(2) mengetahui peningkatan pemahaman peserta didik kelas XI IIS 2 di MAN 4 Kediri melalui penerapan pembelajaran kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas dengan rincian prosedur penelitian yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IIS 2 MAN 4 Kediri. Data yang diambil adalah data kegiatan pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual, hasil wawancara, data hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pembelajaran kontekstual, data observasi, serta dokumen pendukung lainnya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini diketahui bahwa

(1) penerapan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran sejarah berjalan lancar dan dapat meningkatkan pemahaman peserta didik.

(2) Terjadi peningkatan pemahaman peserta didik diketahui dari hasil pra tindakan, tindakan siklus I dan tindakan Siklus II. Hal ini dilihat dari rata-rata nilai kelas pada siklus I sebesar 68,97 meningkat 14 dari pra tindakan. Pada siklus II meningkat menjadi 81,94 atau meningkat 18,93 dari siklus I. Sedangkan prosentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus II sebesar 79,41% meningkat sebesar 41,41% dari siklus I yakni 38%. Melihat uraian hasil penelitian yang diperoleh, maka pembelajaran sejarah dengan menerapkan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan pemahaman peserta didik kelas XI IIS 2 MAN 4 Kediri. Terdapat saran kepada peneliti lain agar menyusun berbagai model pembelajaran kontekstual agar lebih menarik lagi dengan memvariasikan berbagai media yang dapat digunakan dalam pembelajaran.