SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATAPELAJARAN SEJARAH INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-IPS 1 MAN KOTA BATU

Moch. Dimas Galuh Mahardika

Abstrak


ABSTRAK

Permasalahan yang muncul di kelas X-IPS 1 MAN Kota Batu adalah kurang maksimalnya hasi belajar siswa jika dilihat dari nilai UAS Ganjil Tahun Ajaran 2018-2019. Data tersebut diperoleh dari hasil observasi yang dilakukan peneliti pada kelas tersebut. Maka untuk mengatasi permasalahan pembelajaran tersebut peneliti menerapkan model pembelajaran Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-IPS 1 MAN Kota Batu. Untuk menerapkan model pembelajaran tersebut, pendekatan penelitian yang sesuai adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yang bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran tersebut.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Group Investigation, hasil belajar.