SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pop Up Book Berbasis Sejarah Lokal Tentang Palagan Mendalan Untuk Menunjang Pembelajaran Sejarah Kelas XI di SMAN I Ngantang Malang

HABIBI MUHAMMAD AQIB NUR

Abstrak


RINGKASAN

Habibi, Muhammad Aqib Nur. 2019. Pengembangan Media Pop Up Book Berbasis Sejarah Lokal Tentang Palagan Mendalan Untuk Menunjang Pembelajaran Sejarah Kelas XI di SMAN I Ngantang Malang. Skripsi. Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Ari Sapto, M.Hum.

Kata Kunci: Media, Pop Up, Palagan Mendalan.

Mata pelajaran sejarah begitu penting untuk diajarkan kepada seluruh peserta didik. Namun pentingnya mata pelajaran sejarah ini kurang didukung dengan baiknya pembelajaran di sekolah. Melalui proses pengamatan pembelajaran sejarah di SMA Negeri I Ngantang, Kabupaten Malang, terlihat belajar hanya menggunakan buku yang disediakan dari sekolah. Berdasarkan hal di atas, peneliti merasa perlu adanya inovasi dalam pembelajaran. Salah satu inovasi dalam pembelajaran adalah dengan menciptakan atau membuat sebuah produk yang dapat digunakan oleh peserta didik untuk belajar dan mempelajari sesuatu. Singkatnya, yaitu produk yang diciptakan sebagai media pembelajaran.

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu menghasilkan suatu produk pengembangan berupa media pembelajaran pop up book tentang Palagan Mendalan untuk memperkuat pembelajaran sejarah di SMANĀ  1 Ngantang. Selain itu juga sebagai kepedulian sejarah lokal Kabupaten Malang pada masa-masa mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Penerapan langkah-langkah penelitian dan pegembangannya disesuaikan dengan kebutuhan peneliti. Mengingat keterbatasan waktu dan dana yang dimiliki oleh peneliti, maka langkah-langkah tersebut disederhanakan menjadi empat langkah. Langkah penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh peneliti adalah

(1) Tahap pengumpulan data. Tahap pengumpulan data dilakukan untuk mengetahui kebutuhan pembelajaran di lapangan.

(2) Tahap Perencanaan Tahap perencanaan dimulai dengan analisis Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar kemudian dilanjutkan dengan melakukan pembuatan desain Pop Up Book.

(3) Tahap Pengembangan Produk, tahap pengembangan produk dimulai dengan pengumpulan bahan, pengelolaan bahan dan terakhir adalah produksi.

(4) Tahap Validasi dan Uji Coba, Pop Up Book yang telah diproduksi, kemudian dievaluasi. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, uji coba peserta didik kelompok kecil dan kelompok besar.

Pop Up Palagan Mendalan telah melalui beberapa tahapan validasi dan uji coba yang dilakukan di kelas XI SMAN 1 Ngantang khususnya XI MIA 1. Hasil validasi Pop Up Palagan Mendalan pada masing-masing tahapan yaitu

(1) persentase validasi ahli materi sebesar 83,75% dan Pop Up Palagan Mendalan dinyatakan cukup valid.

(2) persentase ahli media sebesar 95,83% dan Pop Up Palagan Mendalan dinyatakan sangat valid.

(3) persentase hasil uji coba kelompok kecil sebesar 79,5% dan Pop Up Palagan Mendalan dinyatakan cukup valid.

(4) persentase hasil uji coba kelompok besar sebesar 85,15% dan Pop Up Palagan Mendalan dinyatakan sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah.