SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN BOWLING KAMPUS TERHADAP KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM MATAPELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS X APH II DI SMKN 2 BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG

Teti Ermawati

Abstrak


Abstrak

Penelitian ini membahas tentang pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Bowling Kampus terhadap keaktifan peserta didik kelas X APH  2.  Kebanyakan Sekolah Menengah Kejuruan dituntut kompeten pada bidangnya sehingga menjadikan pelajaran sejarah adalah  pelajaran yang membosankan. Salah satu alternatifnya yaitu penggunaan strategi pembelajaran Bowling Kampus, strategi pembelajaran ini memiliki kelebihan yaitu mampu menciptakan suasana belajar di kelas yang demokratis, menyenangkan dan membangkitkan semangat peserta didik untuk mengeluarkan pendapat. Fokus penelitian yaitu untuk melihat pengaruh penggunaan strategi Bowling Kampus sebelum dan ketika perlakuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental Design dengan bentuk desain One-Shot  Chase Study. Tujuan dari penelitian yaitu untuk melihat  1) Bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran Bowling Kampus di SMK Negeri II Boyolangu Kabupaten Tulungagung, 2) dan bagaimana pengaruh strategi pembelajaran Bowling Kampus terhadap keaktifan peserta didik dalam pembelajaran sejarah X APH II SMK Negeri 2 Boyolangu Kabupaten Tulungagung.

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Bowling Kampus, Keaktifan.

Abstract

This study discusses the effect of using Bowling Campus learning strategies on the activeness of APH class X students. Most Vocational High Schools are required to be competent in their fields so that making history lessons is a boring lesson. One alternative is the use of Campus Bowling learning strategies, this learning strategy has the advantage of being able to create a learning atmosphere in a class that is democratic, fun and encourages students to express their opinions. The focus of the study was to see the effect of using the Campus Bowling strategy before and when treatment. This research uses a quantitative approach with a type ofresearchPre-Experimental Design with a One-Shot Chase Study design. The purpose of the study was to see 1) How the implementation of Bowling Campus learning strategies at Boyolangu II State Vocational School, Tulungagung Regency, 2) and how the influence of Bowling Campus learning strategies on the activeness of students in the history of learning X APH II of SMK Negeri 2 BoyolanguTulungagung Regency.

Keywords: Learning Strategies, Campus Bowling, Activity.