SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Buku Teks Berbasis Sejarah Lokal Masuk Dan Berkembangnya Agama Katolik Di Manggarai Flores Barat (1912-1973) Untuk Siswa Kelas Xi Iis 1 Di Sma Negeri 1 Langke Rembong

Maria Angelika Alexandra Ngamput

Abstrak


ABSTRAK

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar buku teks dengan materi masuk dan berkembangnya Agama Katolik di Manggarai Flores Barat (1912-1973). Pengembangan ini sebagai pemecahan potensi dan masalah yang ditemukan peneliti saat melakukan observasi di SMANegeri 1 Langke Rembong, oleh karena itu dikembangkan bahan ajar buku teks sesuai dengan kebutuhan sekolah untuk menunjang proses pembelajaran sejarah. Metode penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang terdiri dari sepuluh langkah yang mana kesepuluh langkah tersebut telah dimodifikasi peneliti menjadi delepan langkah yang disesuaikan dengan kebutuhan penelitian, tenaga, biaya dan waktu peneliti. Kedelapan langkah tersebut diantaranya: (1) penelitian dan mengumpulkan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan format produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi produk, (6) uji coba lapangan, (7) revisi produk, (8) uji lapangan. Bahan ajar buku teks dibuat karena sesuai dengan kebutuhan kurikulum 2013, dengan menggunakan bahan ajar buku teks peserta didik bisa belajar mandiri di rumah maupun di sekolah.Dengan demikian pembelajaran sejarah lebih menarik karena peserta didik bisa belajar di mana saja dan kapan saja.

Kata Kunci: Pengembangan, Buku Teks, Agama Katolik di Manggarai, Kelas XI IIS 1, SMA Negeri 1 Langke Rembong

ABSTRACT

This research and development aims to develop textbook material with entrance material and the development of Catholicism in the Manggarai (1912-1973). This development as a solution to the potential and problems found by researchers during the observation at SMA Negeri 1 Langke Rembong, therefore developed textbook teaching materials according to the needs of the school to support the learning process History. This research and development method uses a research model developed by Borg & Gall consisting of ten steps in which the tenth step has been modified by the researcher into a step adjusted to the steps Research needs, energy, cost and time researchers. These eight steps include: (1) Research and information gathering, (2) planning, (3) The development of the original product format, (4) Initial trials, (5) Product revisions, (6) field trials, (7) Product revisions, (8) field tests. Textbook teaching materials are created because according to the needs of the curriculum 2013, using the teaching materials of the student textbooks can study independently at home and in school. Thus, historical learning is more interesting because learners can learn anywhere and anytime.

Keywords : Development, Textbook, Class XI IIS 1, SMA Negeri 1 Langke Rembong