SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X di SMKN 2 Singosari

Mohammad Sirojus Silmi

Abstrak


Abstrak

Penilitian ini membahas mengenai kajian tentang implementasi pendekatan saintifik di SMK untuk tujuan mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan penggunaan pendekatan saintifik. Realitasnya penelitian implementasi pendektan saintifik hanya dilakukan di SMA belum di SMK. fokus penbelitian yaitu melihat mengenai perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan permasalahan pendekatan saintifik pada mata pelajaran sejarah Indonesia kelas X. Penelitian ini menggunakan metode kualitattif deskriptif yang dilakukan dengan cara mencari data seputar fokus penelitian. Data yang diperoleh selanjutnya kan dianalisis. Hasil penelitian ini yaitu (1) komponenen-komponen pendekatan saintifik sudah direncanakan dalam RPP, akan tetapi belum dikembangkan secara optimal;

(2) pendekatan saintifik yang direncanakan dalam RPP tidak semua dilaksanakan pada saat pembelajaran. Pelaksanaan  pendekatan saintifik dalam kelas cukup baik namun masih ada kelemahan yang perlu diperbaik oleh guru;

(3) Penilaian yang sudah dilaksanakan sudah sesuai dengan pendekatan saintifik. guru sudah menggunakan penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampialn dalam pembelajaran;

(4) Permasalahan yang muncul yaitu bahwa guru tidak membuat RPP pada awal semester.

Kaca kunci: Implementasi, Pendekatan Saintifik, Sejarah

Abstract

This study discusses the study of the implementation of the scientific approach in Vocational Schools for the purpose of knowing how the implementation of historical learning with the use of a scientific approach. The reality of research on the implementation of scientific assessment is only done in high schools yet in SMK. the focus of research is to look at the planning, implementation, assessment and problems of the scientific approach on Indonesian history subjects in class X. This research uses descriptive qualitative methods that are carried out by finding data around the focus of the research. The data obtained will then be analyzed. The results of this study are

(1) the components of the scientific approach have been planned in the lesson plan, but have not been developed optimally;

(2) the scientific approach planned in the lesson plan is not all carried out during learning. The implementation of the scientific approach in the classroom is quite good but there are still weaknesses that need to be corrected by the teacher;

(3) Assessments that have been carried out are in accordance with the scientific approach. the teacher has used attitude assessment, assessment of knowledge and assessment of ability in learning;

(4) The problem that arises is that the teacher does not make lesson plans at the beginning of the season.

Key word: Implementation, Scientific Approach, History