SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Kuartet Pada Materi Zaman Praaksara di Indonesia untuk Siswa Kelas X MM 3 SMK Negeri 12 Malang

Halimatus Sa'diyah, Halimatus Sa'diyah

Abstrak


Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran kartu kuartet tentang materi zaman praaksara[1] di Indonesia untuk pembelajaran sejarah kelas X di SMK Negeri 12 Malang. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran ini adalah model Research and Development (R&D) versi Sugiyono (2015), dimulai dengan menemukan potensu dan masalah serta diakhiri dengan produksi akhir. Hasil uji coba kelayakan mendapatkan perolehan persentase sebesar 93%. Dalam proses pengembangan media pembelajaran kartu kuartet, peneliti melakukan 4 kali uji coba kelayakan terhadap media. Tapa pertama adalah validasi ahli materi, validasi ahli media, uji coba awal kelompok kecil, dan tahap terakhir uji coba pemakaian kelompok besar. Hasil persentase tersebut menunjukkan media pembelajaran kartu kuartet seri praaksara sangat layak digunakan dalam pembelajaran.

[1] Mengenai istilah penggunaan kata Praaksara sebenarnya lebih tepat karena Praaksara berarti zaman sebelum ditemukannya tulisan. Sedangkan, penggunaan istilah prasejarah berarti zaman sebelum ada sejarah. Dalam kenyataanya sebelum mengenal tulisan, manusia sudah memiliki sejarah dan kebudayaan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan istilah Praaksara.