SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Peta Tematik Analitik Historis “Persebaran Situs-Situs Hindu-Buddha (Candi) di Malang Raya Berbasis Software Lectora Inspire 16

fada alim

Abstrak


Media pembelajaran adalah alat yang berguna untuk mempermudah suatu proses pembelajaran. Diharapkan dengan penggunakan media dalam pembelajaran membuat siswa bisa lebih tertarik dan bisa dengan mudah memahami maksud dari materi yang diajarkan. Selain itu dengan menggunakan media pembelajaran siswa bisa lebih mudah memvisualkan suatu peristiwa atau objek sejarah berupa situs Hindu-Budha (candi) yang ada di wilayah Malang raya. Diharapkan saat menggunakan media peta berbasis software lectora inspire 16  ini siswa bisa lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru. Menurut penuturan siswa kelas XI IIS 3 SMAN 1 Lawang dalam pelajaran sejarah guru jarang menggunakan media pembelajaran dalam proses belajar. Hal ini yang mendasari peneliti untuk melakukan penelitian dan pengembangan media pembelajaran berupa media peta berbasis software Lectora inspire 16. 

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa Peta Tematik Analitik Historis berbasis software Lectora Inspire dengan penyajian materi persebaran situs Hindu-Budha di Malang Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan media pembelajaran peta ini, yaitu :

(1) analisis,

(2) desain,

(3) pengembangan,

(4) produksi,

(5) penggabungan dan,

(6) validasi.

Pengembangan media yang dikembangkan ini setela melalui uji validitas yang dilakukan oleh ahli materi mendapat presentase nilai 70% dan dari ahli media mendapat presentase nilai 90%, dari kedua nilai tersebut media ini masuk dalam kategori valid dan sangat valid. Uji coba lapangan yang di lakukan di SMAN 1 Lawang mendapatkan presentase nilai sebesar 78%% dari uji coba kelas kecil dan mendapat presentase nilai 80,89% dari uji coba kelas besar. Berdasarkan hasil yang didapat baik dari uji validitas maupun uji lapangan media pembelajaran peta hystoris persebaran situs hindu-budha (candi) yang ada di wilayah Malang raya layak digunakan sebagai media pembelajaran di dalam kelas.

Penelitian dan pengembangan media peta tematik analitik historis persebaran situs hindu-budha (candi) di Malang Raya di buat agar siswa kelas XI IIS SMA lebih tertarik untuk belajar sejarah, selain itu agar siswa bisa mengetahui dan memahami bahwa di sekitar wilayah mereka tinggal terdapat peninggalan sejarah. Penelitian dan pengembangan di lakukan agar nantinya media yang telah dikembangkan ini dijadikan media pembelajaran sejarah khususnya dalam materi KD. 3.1 Mengidentifikasi karakteristik kehidupan masyarakat, pemerintahan, dan kebudayaan pada masa kerajaan-kerajaan hindu-budha di indonesia dan menunjukan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyrakat indonesia kini.