SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perkembangan Musik Ska di Kota Malang Tahun 1995-2018

Andrian Setya Cahyo

Abstrak


ABSTRAK

Andrian, Setya. 2019. Perkembangan Musik Ska Di Kota Malang (1995-2018). Skripsi, Program Studi Ilmu Sejarah, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Ari Sapto, M.Hum.

Kata Kunci: Musik Ska, Eksistensi, Perkembangan,

Kajian mengenai musik Ska di Malang masih belum banyak diteliti. Berkaitan dengan itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejarah, eksistensi dan perkembangan musik Ska di Malang. Banyak musik yang berkembang di Indonesia. Salah satunya adalah musik Ska. Perkembangan di Kota  Malang cukup pesat, karena dari yang awalnya tidak diterima hingga sampai sekarang banyak peminatnya sehingga muncul komunitas Malang Ska (MLGSka).

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sejarah musik Ska di dunia ,eksistensi dan perkembangan musik Ska di Kota Malang dari tahun 1995-2018.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah. Metode tersebut terdiri dari lima tahapan:

(1) pemilihan topik,

(2) pengumpulan sumber,

(3) verivikasi (kritik sejarah,keabsahan sumber),

(4) interpretasi, dan

(5) historiografi.

Berdasarkan hasil penelitian dari data yang diperoleh, terdapat tiga kesimpulan sebagai berikut. Pertama, Musik Ska berasal dari Negara Jamaika dan terbagi dari tiga gelombang yaitu sejarah Ska gelombang pertama yaitu musik Ska masih dimainkan murni asli Jamaika, selanjutnya gelombang ke dua dimana musik Ska banyak dimainkan berjenis 2tone dan yang terakhir yaitu sejarah Ska gelombang ke tiga dimana musik Ska dimainkan dengan instrument yang berbeda dan beragam. Kedua mengenai eksistensi dimana komunitas MLGSka selalu memberikan ruang berkarya bagi musisi Ska. Selanjutnya factor yang membuat musik Ska di Kota Malang tetap ada yaitu kerutinan komunitas MLGSka yang terus mengadakan sebuah event music Ska.Ketiga walaupun pada awalnya banyak masyarakat yang tidak menerima, dan pada saat sudah mulai diterima muncul musik emo dan melodic membuat musik Ska redup. Hingga akhirnya sampai pada tahun 2010 musik Ska mulai berkembang pesat dengan ditandai dalam setiap minggu selalu diadakan event-event musik Ska. Selain itu, juga munculnya rudeboy yang semakin hari semakin banyak.karakteristik musik Ska di Kota Malang dengan di luar negeri sama. Bisa dilihat dari cara berpakaian yang memiliki persamaan arti seperti persaudaraan, loyalitas, cinta damai, dan lain sebagainya. Hal ini disebabkan, kiblat musik Ska sendiri berasal dari luar negeri yaitu Amerika dan Eropa.