SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MEDIA APLIKASI MARBLE-VIRTUAL GLOBE DENGAN MODEL JIGSAW PADA MATERI ISLAMISASI DI NUSANTARA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS 2 MAN 3 JOMBANG

Rizqie Fikrie Francescolie

Abstrak


RINGKASAN

Rizqie, Fikrie Francescolie. 2019. Penerapan Media Aplikasi Marble-Virtual Globe dengan Model Jigsaw Pada Materi Islamisasi di Nusantara untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Kelas X IPS 2 MAN 3 Jombang. Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Blasius Suprapta M.Hum. (II) Indah Wahyu P.U, S.Pd, S.Hum, M.Pd.

Kata Kunci: media aplikasi Marble-Virtual Globe, model Jigsaw, pembelajaran sejarah, hasil belajar.

Manfaat penggunaan media dan model pembelajaran salah satunya adalah meningkatkan hasil belajar. Namun, banyak guru yang kurang memaksimalkan media dan model pembelajaran yang ada dalam proses pembelajaran dalam kelas. Seperti yang terjadi pada kelas X IPS 2 MAN 3 Jombang. Siswa kelas X IPS 2 yang berjumlah 29 siswa. Berdasarkan hasil UTS pada matapelajaran sejarah tergolong rendah, terdapat 21 siswa tidak memenuhi KKM dan hanya 8 siswa yang nilainya memenuhi KKM. KKM yang diterapkan di MAN 3 Jombang adalah ≥ 75. Hasil belajar rendah diakibatkan karena guru kurang memaksimalkan media dan model pembelajaran. Guru yang bersangkutan hanya menggunakan media PowerPoint dan model ceramah. Media dan  model pembelajaran yang inovatif sangatlah banyak, salah satunya adalah media Marble-Virtual Globe dan model Jigsaw.

Tujuan dari penelitian ini, adalah

(1) Mengetahui penerapan aplikasi Marble-Virtual Globe dengan model Jigsaw dalam pembelajaran sejarah kelas X IPS 2 di MAN 3 Jombang.

(2) Mengetahui hasil belajar siswa kelas X IPS 2 di MAN 3 Jombang dalam menerapkan media aplikasi Marble-Virtual Globe dengan model  Jigsaw.

Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas oleh Kemmis dan Mac Taggart. Metode ini memiliki beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleks. Subjek penelitian yaitu kelas X IPS 2 yang berjumlah 29 siswa. Data yang diperlukan adalah data dari kegiatan pembelajaran menggunakan media Marble-Virtual Globe dan model Jigsaw. Data hasil belajar siswa dengan melihat nilai siswa disetiap siklus. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa

(1) penerapan media Marble-Virtual Globe dan model Jigsaw di kelas X IPS 2 membuat siswa tertarik untuk mengikuti pembelajaran, sehingga mempelancar jalannya proses pembelajaran. Marble-Virtual Globe dan Jigsaw merupakan media dan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

(2) Analisis hasil belajar kelas X IPS 2 menunjukkan peningkatkan dari pra-penelitian sebesar 27,58% disiklus I meningkat menjadi 65,51 % dan disiklus II presentase ketuntasan menjadi 82,75%. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pembelajaran sejarah dengan menerapkan media Marble-Virtual Globe dan model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS 2 MAN 3 Jombang.

 

SUMMARY

Rizqie, Fikrie Francescolie. 2019. The implementation of  Marble-Virtual Globe by using Jigsaw Model on the lesson of Islamization in the archipelago to Improve the Results of Learning Students In Learning History Class X IPS 2 MAN 3 Jombang. Thesis, Department of History, Faculty of Social Sciences, State University of Malang. Advisor: (I) Dr. Blasius Suprapta M.Hum. (II) Indah Wahyu P.U, S.Pd, S.Hum, M.Pd.

Keywords : Implementation Marble-Virtual Globe media, Jigsaw model, learning history, the result of learning .

The benefits of using media and learning model which is to improve the result of learning. However, many teachers did not maximize the media and learning models in the learning process in classroom. As that happens on X IPS 2 MAN 3 Jombang class. The students of X IPS 2 class, that were 29 students. Based on the results of UTS on history lesson was relatively low, 21 students did not get the KKM, and 8 students only who reached minimum score or KKM. The minimum score or KKM that applied in MAN 3 Jombang was ≥ 75. The result of learning that showed were low achievement, because the teachers were minim to maximize the media and learning models. The teacher used PowerPoint media only, while the model that used is the teacher as a model. A lot of Media and learning models that innovative, one of them is Marble-Virtual Globe and  Jigsaw model.

The purpose of the study was

(1) Knowing the implementation of application Marble-Virtual Globe by using Jigsaw model in learning of the history on the class X IPS 2 in MAN 3 Jombang.

(2) Knowing the result of the students’ learning on class X IPS 2 in MAN 3 Jombang by implementing Marble-Virtual Globe application media by using Jigsaw model.

The approach of the study that used was the Classroom Action Research  by Kemmis and Mac Taggart. This method having stages, namely planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of the study was X IPS 2 class consisted of 29 students. The data that needed were the data of the activity of learning by using media Marble-Virtual Globe and Jigsaw model. The result of learning student represent by the score of students in each cycle. The collection data were used by observation, interview, test, and documentation.

The results of the study showed that

(1) The implementation of Marble-Virtual Globe and Jigsaw model in X IPS 2 class made students interested to follow the learning process, so make the course of the process of learning easily. Marble-Virtual Globe and Jigsaw model were media and learning models that could improve student learning outcomes.

(2) The analysis of the results of learning on X IPS 2 class shows that improvement of the pre-research were 27.58 % in first cycle increase became 65.51%. On the second cycle percentage completeness became 82.75%. Based on the results of the study concluded that learning of history lesson by implementing Marble-Virtual Globe and Jigsaw model can improve the result of learning students on class X IPS 2 MAN 3 Jombang.