SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARIKATUR DAN METODE DISKUSI UNTUK SISWA KELAS XI IPS 5 SMAN 1 BAURENO KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2016/2017

Eric Syahrul Akbar

Abstrak


Minat adalah kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kegiatan. Kegiatan yang diminati siswa, diperhatikan terus-menerus yang disertai rasa senang dan diperoleh rasa kepuasan. Jika materi yang dipelajari tidak sesuai dengan minat siswa, maka siswa tersebut tidak akan belajar dengan baik karena tidak ada daya tarik baginya. Bila seseorang siswa merasa tertantang dan memiliki minat yang besar untuk belajar sesuatu hal maka siswa akan terdorong agar berada pada kondisi yang memungkinkan dirinya untuk dapat menyalurkan minatnya dan berusaha menghilangkan atau mengabaikan faktor yang akan menghalanginya. Hal ini juga berlaku dalam pembelajaran sejarah.

Penelitian ini bertujuan memberikan inovasi media pembelajaran sejarah guna meningkatkan minat siswa pada mata pelajaran sejarah yang memanfaatkan Karikatur dan Diskusi yang dapat digunakan oleh guru dan siswa di SMAN 1 Baureno Kabupaten Bojonegoro. Untuk mengetahui dan menjelaskan minat siswa dengan pengunaan media Karikatur dan Metode diskusi dalam materi Membangun Jati diri Keindonesiaan. Mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XI IPS 5 Semester Ganjil SMAN 1 Baureno. Bertujuan untuk meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Baureno. Penelitian ini menggunakan media Karikatur dan metode Diskusi, subyek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS 5 SMAN 1 Baureno.