SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERSEPSI SISWA TERHADAP PERISTIWA G30S/PKI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAHDI KELAS XII SMKN 11 MALANG

Siti Vivi Rohmawati Qiyarotul Ummah

Abstrak


Proses pembelajaran sejarah materi peristiwa G30S/PKI yang bersifat kontroversi sangat diperlukan diajarkan kepada siswa. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan berpikir kritis serta menumbuhkan sikap nasionalisme pada siswayang dapat dilihat dari persepsi. Persepsi ini menjadikan salah satu faktor yang akan menunjang keberhasilan siswa dalam belajar.Fokus pembahasan dalam artikel ini adalah persepsi siswa terhadap peristiwa G 30 S/PKI kelas XII di SMKN 11 Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dilakukan dengancara mencari data seputar fokus penelitian. Data yang diperoleh kemudian dipaparkan dan dianalisis untuk menjelaskan fokus penelitian. Hasil penelitian ini siswa sudah memiliki persepsi yang baik terhadap materi peristiwa G 30S/PKI. Hal,ini dapat dibuktikan dari hasil tiga komponen persepsi yaitu mengetahui, menginterpretasikan dan penilaian serta berdasarkan nilai ulangan harianpada aspek pengetahuan dengan rata-rata 80,63. Akan tetapi, siswa harus diberikan pemahaman lagi karena siswa masih belum mampu menjelaskan terkait versi-versi yang ada.