SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Android “EDS” Untuk Kelas X Teknik Otomasi Industri 2 Di SMK Negeri 1 Singosari Malang Tahun Ajaran 2018/2019,

Syafitri Nur Lia

Abstrak


RINGKASAN

Syafitri, Nur Lia, 2019. Implementasi Media Pembelajaran Sejarah Berbasis  Android “EDS” Untuk Kelas X Teknik Otomasi Industri 2 Di SMK Negeri 1 Singosari Malang Tahun Ajaran 2018/2019, Skripsi, Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Ari Sapto, M.Hum, (II) Indah Wahyu P.U., S.Pd., S.Hum., M. Pd

 

Kata Kunci: media pembelajaran, berbasis android “EDS”.

Kemajuan  teknologi informasi yang semakin meningkat di abad 21 saat ini tidak bisa dihindari lagi pengaruhnya dalam dunia pendidikan. Meningkatnya perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, selalu  menuntut agar dunia pendidikan dapat memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai usaha dalam meningkatkan mutu pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran. Perubahan dan tuntutan inilah yang menjadikan dunia pendidikan memerlukan adanya inovasi dan kreativitas dalam proses pembelajaran. Perubahan tersebut salah satunya yakni semakin meningkatnya peran media dan multimedia dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu komponen pembelajaran yang sangat berperan penting dalam tercapainya kegiatan pembelajaran adalah media pembelajaran, yang merupakan wahana dan penyampaian informasi atau pesan pembelajaran pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran sejarah berbasis android “EDS” yang diterapkan oleh guru pengampu matapelajaran sejarah di kelas X TOI 2 dan untuk mengetahui dampak penerapan media pembelajaran sejarah berbasis android ”EDS” terhadap hasil belajar peserta didik kelas X TOI 2 di SMK Negeri 1 Singosari Malang.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini mendeskripsikan mengenai penerapan media pembelajaran sejarah berbasis android ”EDS” oleh guru pengampu matapelajaran sejarah di kelas X TOI 2 dan dampak penerapan media pembelajaran sejarah terhadap hasil belajar peserta didik di kelas X TOI 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu Waka Kurikulum, Guru Sejarah dan peserta didik. Analisis penelitian data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman dengan tahapan berikut:

(a) Reduksi data,

(b) Penyajian data,

(c)  Penarikan kesimpulan (verifikasi).

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh dua kesimpulan hasil penelitian yang pertama, penerapan media pembelajaran berbasis android “EDS” oleh guru pengampu matapelajaran sejarah dapat membangkitkan minat peserta didik dalam kegiatan pembelajaran sejarah. Kedua, dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas X TOI 2. Oleh karena itu dapat diketahui bahwa peranan media sangat penting dalam pembelajaran di kelas. Karena, selain dapat membangkitkan minat dan motivasi peserta didik juga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai matapelajaran sejarah peserta didik kelas X TOI 2 saat kegiatan evaluasi dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sejarah berbasis android “EDS” dapat digunakan oleh guru sebagai sarana perbaikan pembelajaran sejarah di kelas.