SKRIPSI Jurusan Sejarah - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Digital Flipbook Berbasis Kvisoft Flipbook Maker pada Pokok Bahasan Kolonialisme dan Imperialisme di Indonesia untuk Kelas XI IIS MAN Kota Pasuruan

Alfan FikrilHakim

Abstrak


Abstrak

Penelitian ini didasari oleh terbatasnya penggunaan media pembelajaran sejarah pada matapelajaran sejarah dengan pokok bahasan kolonialisme dan imperialisme di Indonesia (Studi pada siswa kelas XI IIS di MAN Kota Pasuruan). Pengembangan pada media pembelajaran belum pernah dilakukan sebelumnya oleh guru matapelajaran Sejarah Indonesia, pembelajaran dengan memanfaatkan digital flipbook berbasis kvisoft flipbook maker diharapkan mampu untuk menarik perhatian siswa dalam kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran sejarah digital flipbook berbasis kvisoft flipbook maker pada pokok bahasan kolonialisme dan imperialisme di Indoneisa untuk kelas XI IIS MAN Kota Pasuruan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan versi Sugiyono dengan modifikasi, yaitu,

(1) potensi dan masalah,

(2) pengumpulan data,

(3) desain produk,

(4) validasi desain,

(5) revisi desain,

(6) uji coba produk,

(7) revisi produk uji coba,

(8) uji coba pemakaian,

(9) revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan dari proses validasi materi didapatkan prosentase validitas sebesar 94%, dari proses validasi ahli media didapatkan prosentase validitas 100%. Dari hasil uji coba pemakaian kelompok kecil didapatkan hasil efektifitas produk dengan prosentase 87% dengan jumlah 6 peserta didik sedangkan pada uji coba pemakaian kelompok besar sebesar 91% dengan jumlah 32 peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran sejarah digital flipbook ini sangat valid dan sangan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran sejarah.

Kata-kata kunci : media pembelajaran, kvisoft flipbook maker, kolonialisme

Abstract

the study is based on the limited use of the historical learning media on historical subject of colonialism and imperialism in Indonesia (study on students of XI classes in MAN Kota Pasueuan). The development of the learning media has never been done before by an Indonesian history teacher, learning by exploiting the digital flipbook based kvisoft flipbook maker is expected to attrack students attention in learning activities. The goal of this study was to produce a media study of digital history flipbook based on kvisoft flipbook maker on the subject of colonialism and imperialism in Indonesia for a class of XI IIS MAN Kota Pasuruan. The method used in the study is Sugiyono’s version of research and development with modification, that is,

(1) potential and problem,

(2) data collection,

(3) product design,

(4) design validation,

(5) application test,

(6) product aplication test,

(7) revision of test products,

(8) application test,

(9) product revision. Research shows from processed validation materials was obtained by 94% precentage, from the process of validating media experts 100% validity prosility obtained. The test result of small group applications was an effectiveness of a product with an 87% percentage of 6 learners while a larger group usage trial amounted to 91% with 32 learners. So that the flipbook digital history learning media is very valid and effective used in historical learning activities.

Keywords : learning media, kvisoft flipbook maker, colonialism